PT Permodalan Nasonal Madani (PNM) Cabang Ambon kembali menyalurkan bantuan  bak sampah atau tempat pembuangan sampah (TPS) yang tersebar pada enam titik di kawasan Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

"Pemberian bantuan berupa TPS ini dari divisi Jasa Manajemen dan tanggung jawab sosial lingkungan (JMT) Kantor PNM Pusat,  yang merupakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan PNM Cabang Ambon," kata Pimpinan PT PNM Cabang Ambon  Taufiq Marsuki di Ambon Sabtu, seusai menyerahkannya satu TPS yang berlokasi di pasar transit Desa Passo, 

Menurut dia  bantuan TPS ini merupakan wujud  tanggung jawab sosial dan lingkungan, bagaimana PNM bersinergi mewujudkan  lingkungan hidup yang bersih dan mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan.


"Karena itu PNM menyiapkan enam TPS pada enam titik di Kecamatan Baguala," katanya.

Bukan hanya  TPS , tetapi juga ada beberapa bantuan yang telah dilaksanakan PNM di Maluku, seperti dua unit rumah pintar di Desa Telaga Kodok, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah .

"Ke depan ada bantuan lagi yang akan disalurkan, kami sedang melakukan koordinasi dengan Dinas terkait untuk  penanaman mangrove tahun ini yang juga tanggungjawab sosial PNM ke Provinsi Maluku dan Kota Ambon khususnya," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup  dan Persampahan Kota Ambon Alfredo Hehamahua mengatakan, pemberian TPS ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari PNM Cabang Ambon.

"Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena  menyampaikan Pemerintah Kota tidak mungkin bekerja sendiri-sendiri, butuh tangan-tangan lain untuk membantu kita terutama bagaimana  mengelola sampah," ujarnya.

Dari 2017 sampai sekarang pihaknya mengakui untuk tempat sampah  hampir tidak bisa dialokasikan untuk itu karena  sudah dialokasikan  ke dana-  desa,

"Karena itu hari ini saya mewakili Pemerintah Kota Ambon menyampaikan apresiasi  kepada PNM yang sudah  menunjukan bentuk dukungannya  bagi kota ini lewat pembuatan enam TPS yang tersebar di Kecamatan Baguala," ujarnya

Ia  juga akan tetap mendukung  PT PNM dengan rencana ke depan yakni akan melakukan penanaman mangrove di Kota Ambon.

Mudah-mudahan kolaborasi ini akan mendorong untuk menyediakan sarana dan prasarana  pembuangan sampah yang baik untuk masyarakat  dan sekaligus mengedukasi, karena dalam membangun TPS ini kemudian ada ajakan untuk membuang sampah tepat waktu sesuai dengan Perda.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023