Warga Negeri/Desa Waiheru, Ambon, Maluku, menggelar berbagai perlombaan untuk menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 Hijriah/2023 Masehi.

"Perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW kali ini dimaknai warga setempat dengan kemeriahan berbagai macam lomba bertajuk Wardam Festival," ujar Ketua Panitia pengurus Masjid Al Hamid Waiheru Mahmud Latif di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini diikuti oleh peserta lomba mulai tingkat kepada SD, SMP, dan remaja dan satu lomba yang dikhususkan untuk mejelis taklim.

"Lomba yang digelar yaitu sambra, adzan, cerdas cermat Islami, kaligrafi, dan Hifzil Qur`an," katanya.

Mahmud mengatakan tujuan utama digelarnya berbagai lomba tersebut yaitu untuk menumbuhkembangkan pengetahuan dan rasa cinta anak-anak kepada Nabi Muhammad SAW agar bermanfaat bagi kemajuan umat dan bangsa, khususnya di kota Ambon.

“Yang pastinya, menumbuhkembangkan pengetahuan dan rasa cinta anak-anak terhadap tauladan Nabi besar Muhammad SAW untuk kemajuan umat dan bangsa," ucapnya.

Dengan beragam perlombaan itu diharapkan anak-anak dapat mengenal Nabi Muhammad SAW melalui hal-hal yang sifatnya menyenangkan bagi mereka.

Sementara itu Penjabat Wali kota Ambon Bodewin Wattimena saat membuka acara menekankan pentingnya generasi umat Islam mencontohi dan meneladani sikap, perilaku, maupun kehidupan Nabi Muhammad SAW.

"Cara Nabi Muhammad SAW membangun kehidupan yang rukun, penuh persaudaraan, dan menjaga hubungan baik dengan kaum lainnya sangat penting dipelajari," ucap Penjabat Wali kota.

Menurut Bodewin, hal itu penting bagi masyarakat Maluku yang tinggal dalam bingkai kemajemukan antara suku, agama, dan ras.

"Suri tauladan yang diberikan Nabi Muhammad SAW kepada kita semua hendaknya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. agar ketentraman dan keamanan di Kota Ambon, dapat terjaga dengan baik," ujarnya.

Maulid Nabi sendiri merupakan agenda tahunan umat Islam di Indonesia untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.*

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023