Komunitas Otomotif dan Mahasiswa di Maluku mendeklarasikan Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dalam rangka mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas. 

“Deklarasi ini sebagai bentuk dukungan kami dalam rangka mewujudkan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Maluku,” kata salah satu anggota Komunitas Otomotif di Maluku Firman Rahandra, di Ambon, Jumat. 

Deklarasi tersebut disampaikan dalam kegiatan Gebyar Milenial dan Komunitas Otomotif Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dalam rangka HUT ke-68 Lalu Lintas Bhayangkara, Berlangsung di Gedung Plaza Presisi Polda Maluku, Ambon.

Dalam deklarasi pelopor tersebut   berbunyi  Kami Mahasiswa dan Komunitas Otomotif Basudara Manise Bersepakat untuk, siap merajut persatuan dan kesatuan bangsa, dalam kebhinekaan demi keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

 

Mendukung sepenuhnya program Polri dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dan menolak segala tindakan kekerasan, perpecahan serta siap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. 

 

Rahandra berharap, dengan deklarasi pelopor tersebut, ia serta masyarakat umum lainnya dapat lebih meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya mencegah kecelakaan lalu lintas.

 

“Saya harap, bukan kami saja komunitas otomotif, dan mahasiswa. Bahkan semua masyarakat harus sadar bahwa ini tanggung jawab kita bersama,” ujarnya. 

 

Sementara Kapolda Maluku Irjen Pol  Lotharia Latif mengatakan, salah satu indikator kualitas keselamatan lalu lintas adalah jumlah dan tingkat fatalitas kecelakaan, sehingga pemerintah, termasuk Polri, telah berupaya menekan angka kecelakaan melalui program keselamatan.

 

Namun, upaya tersebut tidak akan memiliki dampak yang optimal jika tidak diimbangi dengan adanya peran aktif dari masyarakat terutama para pengguna jalan. 

 

"Hal ini dapat kita lihat dari perilaku pengguna jalan yang cenderung berpotensi meningkatkan jumlah maupun fatalitas kecelakaan," kata Kapolda.

Kapolda Maluku dan Direktur Jasa Raharja bersama komunitas otomotif, di Ambon, Jumat. (ANTARA/Winda Herman)

Oleh karena itu, Kapolda menilai perlunya seluruh pemangku kepentingan bahkan mahasiswa dan Komunitas otomotif untuk menyatukan tekad, bahwa semuanya mampu dan bisa untuk menurunkan jumlah dan fatalitas kecelakaan sebagai upaya meningkatkan kualitas keselamatan lalu lintas.

 

"Sehingga saya pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli akan keselamatan berlalu lintas," pintanya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023