Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara mengharapkan manajemen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya kendati dalam kondisi kesulitan produksi.

"Kami sangat mengapresiasi manajemen PT NHM, karena meski kondisi mereka saat ini mengalami kesulitan, tapi tidak PHK karyawannya, ini benar-benar luar biasa," kata Kadis Nakertrans Kabupaten Halut, Jefri R. Hoata dihubungi, Sabtu.

Menurut dia, menurunnya produksi tambang emas PT NHM membayangi nasib PHK karyawan, karena persoalan kendala produksi selama beberapa bulan ini rupanya tidak menjadi tantangan berat untuk PT. NHM itu sendiri.

Sebab, hingga saat ini tak ada karyawan yang di PHK oleh perusahaan tambang emas di bawah kepemimpinan Hi. Robert Nitiyudo Wachjo.

Hal ini menuai sorotan positif dari kepala dinas Nakertrans Halut Jefri R. Hoata yang memberikan apresiasi atas langkah PT. NHM dalam mempertahankan ri uan karyawan

Hal ini sebelumnya sudah disampaikan orang nomor satu PT. NHM yang menyerukan bahwa seluruh karyawan adalah bagian dari keluarganya, sehingga sampai detik ini sebanyak 2.389 orang karyawan masih dipertahankan meski dilanda kesulitan produksi itu sendiri.

Jefri mengatakan, ribuan karyawan sampai saat ini masih berstatus pekerja PT NHM dan tidak di PHK, ini tentu menunjukkan sikap kedewasaan suatu perusahaan dalam menjaga kesejahteraan karyawannya yang dianggap sebagai keluarga.

"Sampai saat ini, ada 2.389 karyawan tidak di PHK dan masih aktif bekerja, meski kondisi produksinya lagi menurun, tentunya patut diberi apresiasi yang tinggi," ujarnya.

Sebelumnya kesulitan produksi saat ini bukan hanya masa sulit pertama yang dihadapi oleh Presiden direktur PT NHM Hi. Robert Nitiyudo Wachjo di mana kita ketahui bersama sebelumnya ada bencana COVID-19 beberapa waktu lalu dan membuat produksi PT NHM juga menurun namun lagi-lagi tidak ada karyawan yang di PHK.

"NHM di bawa kepemimpinan Haji Robert memang benar-benar tangguh menghadapi cobaan sangat berat, tetapi tantangan itu tidak menghentikan NHM untuk terus bekerja dan tidak PHK karyawan. Inilah yang sangat diapresiasi dan diacungkan jempol, sebab tidak menyerah di masa-masa sulit," kata Jefri.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023