Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) menyiapkan anggaran sebesar Rp1,5 miliar  untuk mendukung penyelenggaraan Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia  serta Pra Munas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVII  pada 2-4 Oktober 2023.

"Anggaran yang disediakan Pemerintah Kota Ternate untuk kegiatan ini meliputi pra Munas APEKSI di Jembatan Residen, sarasehan di salah satu hotel, gala dinner di halaman Kantor Wali Kota Ternate, serta pesta hiburan rakyat," kata Ketua Panitia Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia  Rizal Marsaoly dihubungi, di Ternate,  Selasa.

Menurut Kepala Bapelitbangda Kota Ternate itu pada kegiatan ini  Pemkot Ternate mengambil momen untuk mempromosikan promosi Kota Rempah dan memberdayakan pelaku UMKM.

"Dengan demikian ada manfaat positif bagi perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ia menyampaikan hingga saat ini persiapan pelaksanaan acara sudah rampung dan sudah ada sejumlah agenda berupa  festival dan karnaval yang digelar pada 2 Oktober 2023.

Sementara untuk peserta Sarasehan, kata dia, sudah mulai berdatangan. Bahkan, ada yang telah mengelilingi dan menikmati suasana Kota Ternate.

Ia  juga mengajak warga Kota Ternate  untuk meramaikan  Gala Dinner yang dimeriahkan dengan pesta rakyat dan  konser sejumlah artis lokal menampilkan  Mario G. Klau Kalau yang dipusatkan di depan Kantor Wali Kota Ternate.

Selain itu juga tampil beberapa artis lokal seperti Alan Darmawan dan juga Tristam. 

"Jadi ada band lokar yaitu Tristam yang pernah tampil di Prambanan Jazz Festival di Jogja, karena ini anak-anak lokal yang mempunyai prestasi yang harus diikutsertakan untuk meramaikan acara malam ini," katanya. 

Rizal  mengatakan, dalam acara gala dinner terdapat hiburan pesta rakyat, karena kegiatan ini merupakan hajat Kota Ternate, sehingga masyarakat diundang untuk menikmati hiburan tersebut. 


Rizal mengimbau, kepada warga Kota Ternate yang a memeriahkan pesta rakyat ini, agar tetap menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan dan menjaga taman di Landmark Ternate.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023