Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, Maluku menyasar seluruh kecamatan untuk melakukan jemput bola layanan administrasi kependudukan (Adminduk).

"Pelayanan jemput bola administrasi kependudukan telah dimulai sejak bulan Februari 2023 dengan melakukan pelayanan langsung di seluruh desa/negeri dan kecamatan di lima kecamatan," Kata Plt Kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Ambon, Hanny Tamtelahittu, di Ambon, Jumat.

Hingga saat ini, layanan jemput bola telah dilakukan di empat kecamatan yakni Nusaniwe, Sirimau, Baguala dan Teluk Ambon, sementara satu kecamatan yakni Leitimur Selatan masih dalam proses jemput bola.

"Saat ini kami sementara melakukan pelayanan di kecamatan Leitimur Selatan yakni di negeri Kilang, Hukurila, Ema dan Naku, selanjutnya dilakukan di negeri lainnya," katanya.

Ia mengakui, animo masyarakat di sebagian kelurahan Desa sangat baik menyambut pelayanan untuk lakukan pengurusan dokumen.

Tetapi ada juga sebagian desa negeri masyarakat tidak hadir, karena waktu pelayanan tidak sesuai sehingga tidak banyak yang datang.

"Tetapi yang pasti Tanggung jawab kami selaku instansi teknis melakukan tugas melayani masyarakat sesuai hasil rapat bersama dengan desa kelurahan dan negeri di Ambon," katanya.

Layanan jemput bola, kata Hanny, dilakukan bagi penduduk pemula bagi yang baru melaksanakan perekaman KTP yang berusia 16 tahun dan 17 tahun

Jemput bola dilaksanakan di sekolah maupun di setiap desa negeri dan kelurahan, menggunakan mobil pelayanan untuk melakukan perekaman data, sekaligus pencetakan KTP agar penduduk pemula dilayani.

"Petugas Disdukcapil bekerjasama dengan aparat kelurahan desa dan negeri , untuk mengimbau warga melakukan perekaman data. Seperti biasa kita menggunakan mobil pelayanan untuk pencetakan KTP, KIA, dan akta kelahiran," katanya.

Pihaknya berharap, masyarakat kota Ambon dapat melihat akan pelayanan yang dilakukan untuk kepentingan menerbitkan dokumen kependudukan, teristimewa untuk e KTP bagi penduduk pemilih pemula dan yang masih berusia 16 tahun.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023