Pemerintah Provinsi Maluku menggelar pasar pangan murah guna mempermudah masyarakat memperoleh sembilan bahan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

"Kegiatan pasar pangan murah yang dilakukan hari ini bertepatan dengan hari Pangan Nasional  mempermudah jangkauan masyarakat terhadap bahan pangan murah," kata Asisten III Sekda Maluku Pieterson Rangkoratat di Ambon, Senin.

Pasar pangan murah tersebut  berlangsung di halaman parkir Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku di Ambon berlangsung serentak dengan 135 kota di Indonesia yang dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian  secara virtual

Barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar pangan murah juga  lebih murah dari harga di pasar tradisional Kota Ambon  dan tidak melebihi harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan pemerintah.

"Dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan pangan yang terjangkau," kata dia.

Di  Pasar Pangan Murah tersebut harga telur ayam ras dipatok  Rp50.000 per rak (30 butir), kemudian bawang merah Rp28.000 per kilogram.

Pada kesempatan itu pihaknya  mengucapkan terima kasih  atas partisipasi  Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku , BUMN, distributor ,agen penyediaan bahan  pokok  yang telah berpartisipasi  untuk menyukseskan gerakan pangan murah ini.


Sementara Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku Hadi Basalamah  mengatakan saat ini  inflasi Maluku sudah membaik, berkat kegiatan pasar murah.

"Bayangkan dari dari enam persen, turun menjadi 3,8, dan sekarang menjadi 3,10 persen,  artinya kerja-kerja tim pengendalian inflasi daerah (TPID) Provinsi Maluku sebagaimana arahan dan instruksi Gubernur Maluku berjalan baik,"  kata dia.

Ia menyampaikan ke depan akan membuat terobosan melalui pasar murah bergerak.

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah menjaga  pasokan, distribusi dan  harga yang   terjangkau oleh daya beli masyarakat.


 

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023