Memperingati Hari Penglihatan Sedunia, PT Bank Central Asia  (BCA), melalui kegiatan CSR Bakti BCA melaksanakan rangkaian Program Bakti Sosial Operasi Katarak sepanjang Oktober 2023.

 Bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK PERDAMI), Bakti BCA menggelar rangkaian program operasi katarak di Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pesisir Barat Lampung dan Kabupaten Manokwari.

Di Kabupaten Maluku Tenggara, bakti sosial operasi katarak Bakti BCA dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karel Sadsuitubun pada 12-13 Oktober 2023.

 Sebanyak 150 pasien dari wilayah Kepulauan Kei Kecil, Tual, Maluku Tenggara yang telah memenuhi kriteria medis mendapatkan operasi katarak dari tim dokter spesialis mata dari PERDAMI.

Salah satunya adalah Maria Rahanyaan (45) Ibu empat anak yang berasal dari Tual, Maluku Tenggara. Maria menderita katarak di kedua matanya, sehingga mtidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari. 

Bahkan, katarak membuatnya harus berhenti kerja dan mengurangi aktivitas pelayanann di Gereja. Tak hanya itu, suami Maria yang berprofesi sebagai nelayan harus berhenti melaut karena mengurus istrinya yang tak bisa melihat.

Kehadiran BCA bersama SPBK PERDAMI membawa harapan baru bagi Maria. Sedikit demi sedikit, Maria mulai bisa kembali melihat cahaya. Harapannya untuk dapat melihat kembali wajah keluarganya perlahan terwujud setelah mengikuti Bakti Sosial Operasi Katarak.

Di bawah payung program Bakti BCA Kesehatan, operasi katarak merupakan salah satu wujud nyata komitmen perseroan terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan upaya menurunkan angka kebutaan akibat katarak di Indonesia.

"Terima kasih BCA telah melaksanakan Program Bakti Sosial Katarak di Pulau Kei Kecil. Sa sangat terbantu dengan kehadiran BCA. Sa berharap setelah sa bisa melihat lagi, sa pu suami bisa melaut lagi. Sa juga bisa beraktivitas lagi, urus suami, anak-anak, dan pelayanan Gereja," kata  Maria.

Sementara VP Corporate Social Responsibility BCA Titi Yusnarti mengatakan pihaknya  memilih Tual sebagai salah satu target lokasi dari rangkaian program Bakti Sosial Operasi Katarak Bakti BCA karena pulau Kei Kecil cukup jauh dari Ibu kota provinsi. 

Selain itu, RS di pulau ini belum dilengkapi fasilitas kesehatan mata, sehingga banyak pasien katarak tidak terjangkau layanan kesehatan mata yang cukup memadai. 

Kami sepenuhnya menyadari bahwa kesehatan mata sangat esensial dan perlu dijaga agar seseorang dapat memaksimalkan produktivitas dan perannya di dalam komunitas," kata dia.

Setelah Kabupaten Maluku Tenggara, pada  Oktober, BCA akan melanjutkan operasi katarak di Bandung, Lampung hingga Manokwari. 

Sepanjang tahun 2023, Bakti Sosial Operasi Katarak BCA telah dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Puruk Cahu, Kalimantan Tengah dan Batam, Kepulauan Riau dan menjaring hampir 300 pasien.

BCA secara rutin menyelenggarakan kegiatan operasi katarak sejak 2001. Di  2022 l BCA telah mensponsori 803 operasi katarak di beberapa tempat di Indonesia, serta memberikan layanan medis kepada lebih dari 15.688 ribu pasien melalui klinik binaan BCA. 

Ke depan, BCA berkomitmen untuk melanjutkan dan memperluas program Bakti Sosial Operasi Katarak hingga ke seluruh penjuru Tanah Air.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan katarak masih merupakan penyakit gangguan mata yang cukup mendesak di Indonesia dan dapat mempengaruhi seseorang dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari mereka. 

Sejak 2002, BCA bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk SPBK PERDAMI untuk mendekatkan layanan operasi katarak ke masyarakat, tak terkecuali yang hidup di area terpencil. Kami berharap program Bakti BCA dapat menjangkau lebih banyak wilayah sehingga dapat turut mengurangi angka penderita katarak di Indonesia," kata dia.

Tidak hanya memberikan operasi katarak, BCA juga secara proaktif memberikan dukungan dengan menyediakan bantuan alat-alat operasi katarak untuk mendukung SPBK PERDAMI, serta beberapa cabang PERDAMI dalam upaya pemberantasan katarak. 

Sementara Perwakilan PERDAMI Pusat, dr Faraby Martha, Sp.M(K) m mengapresiasi langkah BCA yang terus memperluas program bakti sosial operasi katarak ke berbagai daerah untuk terus menjangkau pasien- katarak di seluruh pelosok Indonesia. 

Begitu juga dukungan bantuan alat operasi katarak yang telah berkontribusi dalam pemberantasan buta katarak di Indonesia. Saya harap dengan kolaborasi yang semakin kuat, bersama-sama kita berharap dapat terus mengurangi angka penderita katarak di Indonesia," kata dia.



 

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023