Ambon (Antara Maluku) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STPT) Jakarta melakukan seleksi beasiswa unggulan di Kota Ambon, Ibu kota Provinsi Maluku, Kamis.

Seleksi itu diikuti 45 siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di Maluku, meliputi tes tertulis pengetahuan umum dan bahasa Inggris serta wawancara guna mengetahui motivasi dan minat siswa terhadap bidang pariwisata.

Pembantu Ketua I STP Trisakti Chondro Suryono mengungkapkan sejak tahun 2006-2011, pihaknya telah melaksanakan program beasiswa unggulan bagi 335 mahasiswa tingkat D4 dan 61 orang tingkat S2.

"Tahun ini, kami berharap mendapat 100 orang beasiswa bagi mahasiswa dari program beasiswa unggulan yang dikelola Biro PKLN Kemdikbud tersebut," katanya.

Menurut dia, pihaknya telah menyelenggarakan seleksi beasiswa di wilayah Jabodetabek, Jawa dan Sumatra. Selanjutnya ke wilatah Indonesia Timur.

"Untuk kawasan timur Indonesia kami fokus di kota Ambon selain di Nusa Tenggara Timur (NTT)," katanya.

Chondro berharap beasiswa unggulan ini akan menghasilkan bibit mahasiswa STP Trisakti yang unggul dan berprestasi, yang akan membangun pariwisata indonesia di masa datang.

"Kami berharap melalu seleksi masuk program beasiswa unggulan dapat mencetak mahasiswa berprestasi  dari Maluku, yang nantinya akan membangun  pariwisata Maluku ini lebih maju," katanya.

Sementara itu staf Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud, Lianda Rachmadany mengatakan program beasiswa unggulan telah berlangsung sejak tahun 2007.

"Program beasiswa unggulan konsen dengan Maluku, kami memberikan kesempatan bagi siswa-siswi lulusan SMA sederajat mengikuti seleksi ini karena mereka akan diberikan pembekalan pariwisata di lembaga pendidikan yang tepat dan terbaik," katanya.

Pemberian bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah atau pihak lain berdasarkan atas kesepakatan kerja sama kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih.

Ia mengatakan, selain bekerja sama dengan STP Trisakti pihaknya juga menyediakan beasiswa unggulan program Magister fakultas Peternakan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

"Kami berupaya merekrut mahasisiwa untuk menyelesaikan kuliah dengan membiayai pendidikan, kami juga telah bekerja sama dengan fakultas Peternakan Universitas Pattimura Ambon dengan memberikan beasiswa," kata Lianda.

Dikatakannya, pihaknya saat ini menyediakan beasiswa pendidikan, diharapkan ke depan Pemda bisa membantu biaya hidup mahasiswa sehingga mereka mampu menyelesaikan pendidikan tanpa memberatkan orang tua," ujarnya.

Pewarta: ANTARA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012