Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) memaksimalkan pelatihan kerja guna menekan angka penganggur di daerah tersebut.

"Berbagai upaya untuk membuka kesempatan kerja terus kita lakukan, melalui pelatihan ketenagakerjaan, padat karya, maupun mendorong pengembangan dan perluasan usaha dan investasi," kata Penjabat Bupati Maluku tengah, Rakib Sahubawa dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Hal itu diutarakan Sahubawa saat menyambangi Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan diterima langsung oleh Sekjen Kemenaker, Prof. Anwar Sanusi.

Sahubawa menjelaskan, dari 18 kecamatan yang ada di Maluku tengah ada 186 desa dan enam kelurahan, dengan jumlah penduduk sebanyak 427.050 jiwa.

"Kemudian penduduk usia kerja sebanyak 274.704. Penduduk yang bekerja sebanyak 168.715 orang dengan tingkat pengangguran terbuka sebanyak 12.236 orang atau 6,76 persen," katanya menjelaskan.

Sementara jumlah perusahaan swasta yang terdaftar di Maluku Tengah mencapai 457 perusahaan dengan serapan tenaga kerja sebanyak 10.544 orang.

Upaya pengawasan dan pengendalian pun dilakukan Pemkab Maluku Tengah dengan meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Tenaga Kerja.

"Andil kementerian sangat diperlukan untuk perluasan kesempatan kerja dan kesejahteraan pekerja," katanya.

Pihaknya pun melakukan penguatan kapasitas serta kesejahteraan tenaga kerja dengan pelatihan serta mengirim peserta ke Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Maluku.

Kemudian perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan kapasitas instruktur, padat karya Infrastruktur dan padat karya non infrastruktur di bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan.

Tak lupa kami juga melakukan sosialisasi pendalaman dan penerapan berbagai peraturan Perundang undangan di Bidang Hubungan Industrial serta Jamsostek.

Nantinya Kementerian ketenagakerjaan akan melakukan beberapa kegiatan di Maluku.

Diharapkan melalui serangkaian kegiatan oleh kementerian tenaga kerja, para pencari kerja di Maluku tengah dimudahkan dalam mendapatkan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi pada bidang masing-masing.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023