Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura bersama organisasi Generasi Emas Indonesia (Gesid) berkomitmen mengembangkan Sumberdaya manusia (SDM) pemuda desa menuju Indonesia emas 2045.

“Kami selaku organisasi yang bergerak di bidang pengembangan pemuda desa, mempunyai visi yaitu Pemuda Maju, Desa Mandiri," ucap Ketua BPW Gesid Maluku Hidayat Samalehu dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Hal itu diutarakannya saat melakukan audiensi ke Markas Kodam XVI Pattimura, Kota Ambon.

Hidayat menjelaskan, Generasi Emas Indonesia, menargetkan merangkul lebih banyak potensi anak-anak muda di pedesaan guna meningkatkan pengetahuan, kreativitas, dan potensi yang dimiliki.

"Bagi kami anak-anak muda inilah yang nantinya menjadi inisiator penggerak di desa masing-masing demi memajukan dan mensejahterakan rakyat," katanya.

Pengembangan SDM tersebut kata dia bisa dilakukan dengan menggelar berbagai pelatihan dan menghimpun para pemuda untuk terlibat aktif dalam berbagai organisasi positif yang membangun karakter berbangsa bagi para pemuda.

Menanggapi hal tersebut, Pangdam Pattimura Mayjend Syagrial mengapresiasi organisasi Gesid yang memiliki tujuan yang selaras dengan TNI yaitu bertujuan untuk memajukan dan menyejahterakan rakyat.

“Dengan adanya Gesid ini kita bisa saling berkolaborasi demi meningkatkan kesejahteraan rakyat salah satunya pemberdayaan generasi muda agar ke depan generasi muda ini semakin berkembang dan berkualitas,“ ucap Pangdam.

Pangdam mengatakan TNI di wilayahnya siap mendukung penuh upaya semua pihak dalam menyejahterakan rakyat Maluku.

Lebih lanjut dia berpesan agar pembinaan generasi muda ini ditanamkan sejak usia dini sehingga ada rasa kecintaan terhadap tanah air dan daerahnya sendiri.

Tak hanya itu, kata Pangdam, wawasan kebangsaan juga penting ditanamkan pada generasi muda, agar tak mudah diterpa isu yang dapat mengganggu kedaulatan bangsa.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023