Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate Provinsi Maluku Utara (Malut) berhasil mengevakuasi seluruh (13  orang) anak buah kapal (ABK) kapal Ikan KM Inka Mina Maritim 036 yang terbakar di perairan antara Pulau Doko dan Kasiruta, Kabupaten Halmahera Selatan.

"Sebanyak 13 ABK KM Inka Mina berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat," kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman ketika dihubungi dari Ternate, Kamis..

Dia menjelaskan, sekitar pukul 10.15 WIT, ABK Kapal KM Inka Mina Maritim 036 telah dievakuasi oleh Kapal Putra Putri 02 yang melintas di daerah kejadian, seluruh korban lalu dibawa menuju Desa Marikopo, sementara kondisi Kapal KM Maritim 036 telah tenggelam.

Tim Rescue dengan menggunakan Rescue Boat 309 Ternate Kemudian menuju ke Desa Marikopo dan tiba pukul 11.13 WIT, selanjutnya memastikan bahwa ABK Kapal KM Maritim 036 sudah terevakuasi di Desa Marikopo.

Jumlah ABK yang semula dilaporkan berjumlah 15 Orang, namun setelah dilakukan pendataan ulang, yang onboard di atas KM Inka Mina Maritim 036 hanya 13 orang, dan dalam keadaan selamat selanjutnya RB 309 mengevakuasi seluruh korban ke Desa Panambuang Bacan.

Baca juga: Basarnas selamatkan KM Inka Mina berpenumpang 12 orang, begini kronologinya

Selanjutnya pada pukul 14.10 WIT, tim tiba di Pelabuhan Panambuang Bacan kemudian keseluruhan korban diserahkan ke pihak pemilik kapal. Tim SAR Gabungan selesai melaksanakan pencarian dengan hasil 13 Orang dievakuasi dalam keadaan selamat.

Sementara itu, identitas para korban yang berhasil dicatat yakni Ismail Umar berusia (41 tahun) sebagai Nahkoda, Ahmad Sabtu (59 tahun), Hasim Amir (57 tahun), Udin Ajuan (43 tahun), Ibrahim Senen (59 tahun), Amin Kahar (43 tahun), Hamid Adam (50 tahun), Mukmin Yahya (26 tahun), Daud Hamisi (37 tahun), Ibrahim Hadi (50 tahun), Asrarudin Ali (59 tahun), Wahid Joho (44 tahun), dan Epa Ismail (25 tahun).

Sebelumnya, Basarnas Ternate menerjunkan personelnya untuk membantu ABK kapal ikan KM Inka Mina Maritim 036 yang mengalami kebakaran di antara perairan Pulau Doko dan Palamea Kabupaten Halmahera Selatan saat mencari ikan.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman mengatakan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate melalui Unit Siaga SAR Bacan sebelumnya mendapat laporan tersebut pada Kamis 26 Oktober 2023 sekitar pukul 08.00 WIT.

Tim Basarnas diterjunkan dari Syahbandar Panamboang langsung memberangkatkan Tim Rescue USS Halsel bergerak menuju lokasi (LKP) dengan menggunakan RB 309 untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan.

Baca juga: Basarnas Ternate selamatkan seluruh ABK KM Inka Mina

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023