PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Ambon membantu kaum ibu yang ada di Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon mengembangkan abon ikan sebagai salah satu upaya meningkatkan ekonomi keluarga.

"PNM melakukan sosialisasi soal klasterisasi abon ikan dan mempraktikan cara membuat abon ikan," kata Pimpinan PT PNM Cabang Ambon Taufiq Marsuki di Ambon, Jumat.

Menurut dia PNM punya komitmen  mengembangkan kapasitas usaha  ibu-ibu nasabah dengan memberikan pelatihan dan membekali keterampilan. 

Ia menyebutkan hingga saat ini PNM Cabang Ambon  memiliki peserta sebanyak 50.000 nasabah, dan kami tidak ingin  tumbuh dan berkembang sendiri.

"Program pengembangan  kapasitas usaha merupakan salah satu program  divisi pengembangan usaha yang ada di PNM, Cabang Ambon  untuk bisa mengembangkan kapasitas usaha ibu-ibu nasabah," kata dia.

Ia mengatakan  program ini merupakan upaya yang dilakukan PNM selain  memberikan pembiayaan, sekaligus pendampingan, pembinaan agar modal yang sudah diberikan itu dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

"Untuk  klasterisasi abon ikan,  semua peserta dibekali pengetahuan dan  pengembangan usaha olahan abon ikan," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, akan memberi keuntungan bagi  nasabah dalam mengembangkan usahanya.

"PNM ingin kapasitas usaha nasabah terus  berkembang," kata dia.


Ia menyampaikan jika kapasitas usaha sudah meningkat maka pelaku usaha berpeluang untuk memperbesar skala dengan mengakses pinjaman yang lebih besar.


Selain membekali para ibu dengan praktik membuat abon ikan juga diberikan sosialisasi tentang jaminan ketenagakerjaan dari  BPJS Ketenagakerjaan  dan pemanfaatan QRIS.


 

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023