Satuan Tugas Operasi Mantap Brata Salawaku Kepolisian Daerah Maluku mengawal pengiriman logistik Pemilihan Umum 2024 berupa kotak suara ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru Selatan, Minggu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Maluku Komisaris Besar Polisi M. Roem Ohoirat dikonfirmasi di Ambon, Minggu, mengatakan pengawalan pengiriman ribuan kotak suara dari kota Ambon ke Kabupaten Buru Selatan itu berjalan aman dan lancar.

Kotak suara yang diangkut menggunakan dua unit truk itu telah tiba dengan aman di gudang logistik KPU Buru Selatan.

"Untuk pengawalan logistik kotak suara ke Buru Selatan sudah sampai dengan aman. Tim satgas melakukan pengawalan dengan baik," kata Roem.

Logistik kotak suara dikirim ke KPU Buru Selatan menggunakan jalur laut atau kapal penyeberangan Ferry. Setelah tiba di Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru, truk-truk itu lalu melintas jalur darat sepanjang 127 kilometer menuju Buru Selatan.

Baca juga: Masyarakat Maluku diimbau jangan saling adu domba jelang Pemilu 2024

"Tiba di Buru Selatan disambut jajaran KPU dan diawasi Bawaslu setempat. Pengawalan berjalan lancar dan aman," katanya.

Selain melakukan pengawalan, tim satgas preemtif juga memberikan penyuluhan keamanan dan ketertiban masyarakat kepada tokoh agama dan warga Jemaat GPM Gatik, Kota Ambon.

"Intinya, kami berharap semua pihak bisa saling mengingatkan agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas, baik menjelang pemilu maupun sesudah pemilu berakhir," ujarnya.

Tim satgas juga melakukan patroli keliling untuk memastikan situasi kamtibmas di sejumlah objek penting, seperti di kantor KPU, Bawaslu, DPRD, dan tempat-tempat keramaian lainnya di Maluku.

"Untuk hari ini situasi kamtibmas terpantau aman terkendali," ucapnya.

Baca juga: Satgas OMB Salawaku Polda Maluku kawal distribusi logistik Pemilu 2024

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023