Satgas Operasi Mantap Brata Salawaku Polda Maluku dikerahkan untuk mengawal  dan memantau pendistribusian logistik kotak suara Pemilihan Umum 2024.

"Hari ini, kami melaksanakan pengamanan dan pengawalan masuknya kotak suara Pemilu 2024. Kotak suara ini selanjutnya akan disalurkan ke berbagai daerah di Provinsi Maluku. Ini akan kami kawal ketat," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Roem Ohoirat, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan logistik pemilu yang masuk akan disalurkan untuk 11 kabupaten/kota. “Ada 6 kontainer berisi logistik kotak suara yang masuk menggunakan Kapal Tanto di Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Ambon," katanya.

ia mengatakan tercatat sebanyak 28.266 kotak suara sudah masuk, sedangkan yang sudah disalurkan baru untuk Kota Ambon sebanyak 4.735 kotak suara dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 3.327 kotak suara.

Sementara Maluku Tengah sebanyak 6.251 kotak suara, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) 2.490 kotak suara, Buru 2.130 kotak suara, Buru Selatan 1.307 kotak suara, MBD 1.504 kotak suara, Tanimbar 1.610 kotak suara, Kota Tual 1.220 kotak suara, Maluku Tenggara 2.062 kotak suara, dan Aru 1.630 kotak suara masih menunggu untuk dikirim ke masing-masing daerah.

"Kotak suara yang sudah dibongkar ini sudah dikawal ketat para personel dari Polda Maluku dan Polresta Ambon untuk didistribusikan ke masing-masing daerah," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun memastikan logistik kotak suara didistribusikan ke daerah-daerah dikawal dengan aman.

“Gudang logistik itu ada pengamanannya di setiap masing-masing daerah. Jadi sudah pasti aman karena akan dikawal kepolisian,” kata Rifan.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023