Pemerintah Provinsi Maluku mengemukakan pelaksanaan malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023 yang digelar di Ambon  meningkatkan kualitas pelayanan sektor pariwisata di daerah itu.

"Semua yang  telah berproses di API bisa mendorong peningkatan kualitas destinasi  dan pelayanan pariwisata untuk tamu maupun wisatawan," ucap Sekretaris Dinas Pariwisata Maluku Rio Pellu dalam keterangan yang diterima di Ambon, Kamis.

Menurut dia guna  meningkatkan minat pariwisata, kegiatan yang diselenggarakan ini berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Provinsi Maluku, Yayasan Ayo Jalan-Jalan, dan berbagai pihak lainnya.

Kegiatan API  dilaksanakan mulai 30 Oktober dengan pameran UMKM dan talkshow, yang dilanjutkan acara tanggal 31 Oktober  ada Pameran UMKM, talkshow dengan melibatkan kepala Bappeda, penyelenggara API, dan pihak swasta juga beberapa hiburan, musik, serta beberapa tarian

Selanjutnya digelar malam puncak Anugerah Pesona Indonesia, yang  memberikan anugerah penghargaan kepada para nominasi yang mengikuti berbagai kategori, dengan dihadiri oleh 30-40 orang perwakilan dari kabupaten/kota yang secara langsung menerima penghargaan.

"Ada juga pameran hasil foto pariwisata terutama bawah air dan komunitas UMKM yang menampilkan produk ekonomi kreatif, sehingga para tamu dari kabupaten/kota bisa melihat dan berbelanja, untuk mendukung UMKM di Kota ambon," katanya.

Ia mengatakan pagelaran ini bisa disaksikan  oleh masyarakat  secara langsung karena terbuka untuk umum.

"Bagi yang tidak sempat hadir dapat menonton lewat platform media sosial, baik youtube dan sebagainya," ucapnya.

Ia menyebut  lebih dari 30 nominator dari berbagai daerah dipastikan menghadiri anugerah pariwisata yang sudah menjadi agenda tahunan itu.

Dia menambahkan, dari 180 nominator API Award 2023, Provinsi Maluku meloloskan belasan spot atau atraksi wisata, sehingga dukungan dari seluruh masyarakat Maluku sangat diharapkan, karena pemenang kompetisi ditentukan juga dari hasil vote. 

"Kita sebagai tuan rumah siap menyukseskan acara ini secara baik, karena ini juga merupakan tanggung jawab kami. Ada kurang lebih 12 kategori yang diikuti 11 kabupaten kota se- Maluku dan semuanya masuk nominasi. Jadi, kita butuh dukungan dari masyarakat karena pemilihannya melalui vote. Vote terbanyak sudah pasti akan menjadi pemenang," katanya menjelaskan.

API Award merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

API diselenggarakan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri, swasta maupun pemerintah daerah se- Indonesia, mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah. 

Prosesi penyelenggaraan API dimulai dengan mengajak para  para wisatawan (domestik dan internasional), juga masyarakat luas se- Indonesia untuk memilih destinasi ataupun obyek wisata terfavorit ataupun terpopuler menurut pendapat mereka. 

Pemilihan dilakukan dengan cara memberikan suara (voting) bagi destinasi atau obyek wisata yang dipilih melalui berbagai media channel Vote API (SMS, Aplikasi Android, Youtube) berdasarkan kategori pariwisata dan nominasi yang telah lolos dalam tahap proses seleksi dan penjurian oleh komite seleksi.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023