PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara telah membantu pemasangan baru instalasi listrik kepada 3.500 rumah milik warga yang masuk kategori miskin pada dua provinsi itu.

"Program rumah miskin diusulkan masuk program pemasangan baru dan sebenarnya ada program membantu masyarakat miskin juga di Maluku Utara dan Maluku," kata Senior Manejer Transmisi dan Mesin PLN UIW MMU Ronald Hutahean di Ambon, Jumat.

Penjelasan Ronald disampaikan dalam rapat kerja Komisi II DPRD Maluku bersama manajemen PLN UIW MMU dipimpin Johan Lewerissa selaku ketua komisi.

Dalam rapat kerja tersebut, Ruslan Hurasan selaku anggota komisi II mempertanyakan realisasi program elektrifikasi dan program pasang baru listrik bagi warga di daerah 3T.

Sehingga dia menanyakan apakah warga miskin yang mendapatkan bantuan rumah tetapi belum mendapatkan pelayanan pasangan baru listrik gratis bisa mendapatkan program seperti ini.

Ronald menuturkan, untuk program pemasangan baru ini terbanyak di Provinsi Maluku yakni sebanyak 3.000 unit rumah dan sisanya 500 unit rumah di Provinsi Maluku Utara.

"Untuk Maluku sendiri ada 3.000 rumah warga miskin dan sisanya 500 rumah di Maluku Utara yang sudah tersambung," ucapnya.

Jadi penyambungan baru listrik bagi warga miskin oleh PLN sesuai pengusulan pemerintah desa setempat dengan menyampaikan data-data penduduk mereka yang tergolong miskin.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023