PT Pertamina melalui Patra Niaga Maluku Utara (Malut),memastikan menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) stok kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi masyarakat terjamin aman.

"Jelang akhir tahun 2023 dan awal 2024, Pertamina pastikan kondisi stok di 4 fuel terminal dan satu DPPU kita itu terjamin aman," kata Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Maluku Utara, Wahyudi Wirjanto di Ternate, Jumat.

Menurut Wahyudi, stok tersebut di suplai dari Terminal BBM Wayame, Ambon dan alternatifnya dari Balikpapan. Maka di DPPU Baabullah Ternate berapa di angka 50 KL menjadi 60 KL

"Jadi ketahanan stok baik itu untuk yang fuel kita bisa sampai dengan 6 hingga 8 hari untuk BBM. Sedangkan untuk avtur yang memang diestimasikan itu bisa sampai dengan 9 hari, Jadi kita ketahanan stok itu aman terkendali," katanya.

Sementara untuk pasokannya saat ini untuk Maluku Utara jika tidak ada kapal yang masuk selama enam maka bisa bisa bertahan.

"Terminal Wayame dari Ambon bisa juga dari Balongan dandarurat sekali itu dari Bau Bau. Jadi kita di daerah Maluku Utara cukup aman pasokannya," tandasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, PT Pertamina melalui Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Sub Holding Comersial and Trading Regional Papua – Maluku meminta aparat kepolisian, terutama di Pulau Halmahera untuk berantas mafia migas di kawasan kepulauan.

Area Manager Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Sub Holding Comersial and Trading Regional Papua Maluku, Edy Mangun mengatakan, PT Pertamina mendukung upaya aparat kepolisian, terutama dalam memberantas mafia migas di Pulau Halmahera.

Terkait persoalan tersebut menegaskan pihaknya secara kelembagaan tentu memberikan apresiasi kepada Kapolres Halut AKBP Moh. Zulfikar Iskandar yang berani memberantas mafia migas di wilayah hukum polres setempat.

"Harapan saya persoalan ini harus dibawa hingga ada keputusan hukum guna memberikan efek jera kepada oknum-oknum yang terlibat," kata Edy.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina pastikan stok BBM jelang Natal di Malut aman

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023