San Francisco (Antara Maluku) - Google akan menanam 75 juta dolar AS di sektor pembangkit listrik tenaga angin di Negara Bagian Iowa, Midwestern, AS, sehingga jumlah seluruh penanaman modalnya di proyek energi bersih bertambah menjadi hampir satu miliar dolar AS.

Proyek energi bersih Iowa, yang diberi nama Rippey Wind Farm, memiliki kapasitas untuk menghasilkan 50MW listrik tenaga angin yang cukup untuk memasok 15.000 rumah, kata blog resmi Google.

Pembangkit listrik tenaga angin tersebut berada sekitar 209 kilometer di sebelah timur-laut Council Bluffs, Iowa, tempat salah satu pusat data Google berada untuk mendukung mesin pencarinya serta layanan lain.

Bersama dengan pembangkit listrik tenaga angin Iowa, penanaman modal Google di sektor energi bersih sekarang melampaui 990 juta dolar AS, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Jumat.

Raksasa pencari Internet itu menyatakan ingin memanfaatkan energi yang lebih terbarukan buat pusat datanya dan berencana menempatkan sepertiga pusat datanya beroperasi dengan energi bersih. (C003)

Pewarta: Xinhua-OANA

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012