Kepolisian Resort Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melalui Polsek Serwaru membantu warga memadamkan kebakaran hutan dan lahan lokasi petuanan Desa Tutukey dan Desa Batumiau MBD.

“Kali ini personel Polsek Serwaru yang dipimpin Aipda S. H. Renwarin, setelah menerima laporan warga terkait adanya kebakaran hutan jati, secara spontan bergerak cepat dan melakukan koordinasi bersama staf Pemerintah Desa Tutukey dengan dibantu warga memadamkan api tersebut,” kata Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono, Ambon, Kamis.

Sewaktu tiba di kawasan hutan jati telah ditemukan adanya rambatan api yang membesar serta membakar rerumputan dan daun kering, Personel Polsek bersama warga, bahu membahu berupaya untuk memadamkan kobaran api dengan menggunakan peralatan seadanya guna mencegah penyebaran api ketempat lain, alhasil api berhasil dipadamkan setelah melalui perjuangan panjang.

Setelah dipadamkan, Renwarin mengumpulkan dan mengarahkan warga untuk lebih berhati-hati serta meningkatkan kewaspadaan, karena pada bulan ini sudah memasuki musim kemarau, yang mana kebakaran dengan mudah dapat dipicu oleh faktor alam maupun faktor kelalaian manusia sendiri.

Kapolres mengatakan, selaku pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat, kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat salah satunya memberikan rasa aman dan tenteram.

Personel harus selalu siap siaga dan berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui program pembinaan maupun patroli dialogis yang bertujuan meningkatkan kesadaran warga untuk memelihara hutan dan berupaya mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Ia menjelaskan, terkait peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sudah menjadi tanggung jawab Polri dalam upaya mencegah dan menanggulanginya melalui adanya kolaborasi antara Kepolisian dan masyarakat.

“Bhabinkamtibmas dalam kegiatan Sambang Desa juga telah menyosialisasikan kepada warga tentang bahaya karhutla dan pentingnya menjaga lingkungan agar terhindar dari kebakaran,” ungkap Kapolres.

Selain itu, warga juga telah diarahkan untuk selalu waspada dan melaporkan segera jika menemukan adanya kebakaran disekitar lingkungan pedesaan.

Ia menambahkan, Polres MBD berkomitmen bersama Polsek jajaran untuk mengambil langkah cepat dalam menangani Karhutla di wilayah hukumnya masing-masing. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa keamanan lingkungan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama.

“Dengan adanya kolaborasi yang baik antara Kepolisian dan masyarakat, diharapkan ancaman karhutla dapat diminimalisir sehingga lingkungan dapat terjaga dan terhindar dari bahaya kebakaran,“ harapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023