Komunitas Pecinta Alam (KPA) Lestari Ambon Maluku menggelar bakti sosial berupa pembersihan sampah dan pembagian bibit gratis kepada masyarakat di Negeri Morella Kecamatan Jazirah Leihitu Maluku Tengah.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari jadi Lestari ke-15 tahun, kami melakukan pembersihan dan pembagian bibit gratis untuk warga. Kenapa ini yang dilakukan, karena sejalan dengan salah satu konsen kami di Lestari Ambon yaitu lingkungan hidup,” kata Ketua Umum Lestari Ambon Jufrial Kiat di Ambon, Minggu.

Ia menjelaskan, untuk pembersihan sampah, dilakukan di pesisir pantai pasar Morella, karena merupakan titik dengan jumlah sampah yang terbanyak.

“Kami berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 235 kantong yang berisikan sampah plastik dan sampah tekstil,” katanya.

Hasil dari sampah yang dikumpulkan itu langsung dibuang di tempat reklamasi yang juga difungsikan untuk menjadi timbunan. “Ini telah kami bicarakan dengan bapak Raja Negeri Morella, dikarenakan belum tersedianya fasilitas tempat pembuangan akhir di sana,” kata Jufrial.

Sementara terkait pembagian bibit, ada beberapa bibit yang langsung dibagikan kepada para perwakilan dari komunitas dan masyarakat setempat, yaitu, sebanyak 20 bibit pohon Mangga, 10 pohon Pala, dan 10 pohon Rambutan.

“Kenapa kami memilih tanaman buah, karena kami telah berkoordinasi dengan himpunan mahasiswa Negeri Morella, dan yang mereka butuhkan adalah tanaman tersebut,” katanya.

Jufrial berharap, kegiatan yang dilakukan ini dapat terus terjaga dan terwarisi oleh para komunitas dan masyarakat Negeri Morellah, terutama pemerintah desa agar bisa menyediakan fasilitas tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

“Mengingat belum adanya TPA di Negeri Morella, sehingga laut tidak lagi menjadi alternatif masyarakat untuk membuang sampah. Semoga tetap Lestari,” katanya.

Selain kegiatan bakti sosial, Lestari juga melakukan “summer camp”, dan lari pagi bersama. Kegiatan ini juga melibatkan beberapa pihak dan komunitas, antara lain, KPA Palaka, Kahipala, Hipmamor, Siswa-Siswi SMP dan SMA di Negeri Morella, Mahasiswa KKN Negeri Morella, para Babinsa, dan juga masyarakat setempat.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023