Ternate (Antara Maluku) - Kementerian Sosial menjadikan program bari fola yang selama ini dikembangkan di Ternate, Maluku dalam menangani rumah warga miskin yang tidak layak huni sebagai simbol dalam setiap pelaksanaan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN).

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Ternate, Ahmad Yani Abdurrahman  di Ternate, Rabu, mengatakan, Kementerian Sosial memberikan apresiasi terhadap program bari fola.

Program tersebut sejalan dengan semangat pelaksanaan HKSN, khususnya untuk penanganan rumah warga miskin yang tidak layak huni.

Program bari fola merupakan salah satu kearifan lokal yang dilaksanakan masyarakat Ternate dalam membantu memperbaiki rumah warga miskin tak layak huni dengan mengandalkan semangat gotong royong dari masyarakat setempat.

Menurut Ahmad Yani, program bari fola hampir sama dengan program bedah rumah yang selama ini dilaksanakan oleh Kementerian Sosial tetapi lebih menekankan pada semangat gotong royong masyarakat, tidak mengandalkan anggaran pemerintah seperti pada bedah rumah yang dilaksanakan Kementerian Sosial.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012