Manajemen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) beroperasi di Halmahera Utara, Maluku Utara (Malut), mendukung upaya sosialisasi Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio (Lokmon SFR) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ternate.

"Sosialisasi tersebut memberikan wawasan tambahan terkait bagaimana jaringan radio dapat digunakan secara efisien berdasarkan regulasi yang berlaku, mengingat spektrum radio merupakan sumber daya yang sangat terbatas," kata Services Coordinator IT NHM, Haedar Awal di Ternate, Rabu.

Dia menjelaskan, sosialisasi bertajuk pemanfaatan spektrum frekuensi radio dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Provinsi Malut berlangsung di Ball Room Hotel Sahid Bella Ternate, Rabu.

Sementara itu, penggunaan jaringan radio di NHM menjadi salah satu kebutuhan vital dalam menjalankan aktivitas operasional, dan perizinan penggunaan SFR selalu dipastikan terpenuhi sesuai standar dan ketentuan.

Kepada tim Komunikasi, Haedar menyampaikan manfaat yang didapat dari partisipasi pada kegiatan tersebut.

"Dari sosialisasi ini kami memperoleh beberapa informasi penting tentang regulasi terkait pemanfaatan SFR dalam kegiatan operasional pertambangan di Gosowong. Tentunya sebagai perusahaan yang patuh terhadap regulasi pemerintah, NHM selaku pengguna frekuensi radio berkomitmen selalu mematuhi aturan pemerintah terkait kepemilikan ISR (Izin Stasiun Radio), yang mana saat ini perangkat komunikasi radio NHM telah memiliki izin," ungkapnya.

Dari segi teknis, Haedar juga menjelaskan, setiap penggunaan SFR diawasi oleh pemerintah dan harus sesuai dengan peruntukan frekuensi radio agar tidak terjadi gangguan atau interference, terutama di NHM yang mana menggunakan dua frekuensi radio, yaitu frekuensi di area surface dan bawah tanah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023