Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku bersama sejumlah perusahaan swasta menggelar bursa karir untuk mempermudah alumninya memperoleh pekerjaan.

"Pelatihan bursa karir (Job Fair) yang dilaksanakan ini merupakan komitmen fakultas teknik untuk memberikan dukungan terbaik kepada para alumni dan mahasiswa dalam mengembangkan karir mereka," kata Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Teknik Unpatti Dr Eliza R. de Fretes dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin.

Menurutnya kegiatan yang diikuti oleh para alumni fakultas teknik Universitas Pattimura ini, bertujuan untuk membangun komunikasi efektif dalam kerja sama antara Unpatti dan dunia usaha-dunia industri serta menghubungkan alumni Unpatti, termasuk fakultas teknik dalam penyerapan tenaga kerja para dunia usaha.

"Selain itu kegiatan ini dapat membantu para alumni dalam mengeksplorasi berbagai peluang karir, serta membangun jaringan profesional," tuturnya.

Adapun perusahaan swasta yang digandeng Unpatti yaitu perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor dan petrokimia.

“Komponen keberhasilan layanan pendidikan tinggi salah satunya terukur dari seberapa cepat mahasiswa mendapat kerja setelah lulus," katanya.

Ia menjelaskan hal ini mengharuskan perguruan tinggi, secara terstruktur (universitas, fakultas, jurusan/program studi), untuk mengupayakan cara agar lulusannya terserap di dunia kerja atau membangun usaha sendiri, sehingga waktu tunggu kerja dari lulusan semakin pendek.

"Salah satu cara efektif mengurangi waktu tunggu para lulusan untuk bekerja adalah dengan menghubungkan mereka dengan dunia usaha dan dunia industri melalui kegiatan bursa karir atau job fair," kata dia menjelaskan.

Ia berharap melalui kegiatan ini jejaring kerja sama antara Unpatti dan PT Tri Jaya Cemerlang juga PT Mega Daya Engineering dapat diimplementasikan dengan terbukanya peluang untuk alumni Unpatti termasuk fakultas teknik yang mengikuti seleksi untuk bekerja di dua perusahaan itu.

"Semoga melalui sosialisasi dan bursa karir ini para alumni fakultas teknik Unpatti dapat menambah wawasan sehingga nantinya dapat pula diterima pada perusahaan yang memberikan kesempatan kerja," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023