Pelaksanaan Hari Nusantara 2023 berlangsung 10 – 13 Desember 2023 yang dipusatkan di kawasan wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Maluku Utara (Malut) menampilkan berbagai Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Panggung Hiburan Rakyat.

"Hari Nusantara ini dipusatkan di Kota Tikep ini sekaligus perkenalkan kekayaan budaya dan sumber daya alam yang ada di Malut dan bertemakan Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah dan memberi kesempatan bagi UKM perkenalkan produknya ke publik," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gunawan Suswantoro usai membuka pelaksanaan Hari Nusantara di Kota Tidore Kepulauan, Minggu.

Selain itu, dalam pelaksanaan Hari Nusantara tahun 2023 ini, panitia akan hadirkan panggung hiburan rakyat akan menghadirkan sejumlah artis seperti grup musik Slank.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Kemenpora didampingi Sesditjen Perhubungan Darat Amirulloh, Sekda Provinsi Maluku Utara Samsuddin A Kadir, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, pimpinan DPRD dan Forkopimda Kota Tidore.

Menurut Gunawan rangkaian acara Hari Nusantara 2023 diharapkan bisa berkontribusi mengangkat Malut sebagai titik nol jalur rempah.

Hari Nusantara itu akan dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada puncak pelaksanaan Hari Nusantara tanggal 13 Desember 2023.

Sedangkan, Sekprov Malut, Samsuddin A Kadir ketika dikonfirmasi menyatakan, peringatan Hari Nusantara sangat bermakna dan tepat digelar di Kota Tidore Kepulauan.

Menurut dia, sejarah panjang Nusantara menjadi saksi, sehingga dengan keberagaman budaya, suku, dan agama, telah membuktikan bahwa persatuan adalah kekuatan dan Hari Nusantara mengingatkan kita akan nilai-nilai luhur Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk itu, dirinya berharap pelaksanaan peringatan Hari Nusantara juga merupakan pengulangan iven nasional dipusatkan di Kota Tidore Kepulauan yakni Sail Tidore dan berharap dapat berdampak ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu, Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, untuk mendukung penyelenggaraan Hari Nusantara dipusatkan di Kota Tidore Kepulauan, pihaknya membuka pelayaran speedboat dan kapal kayu selama 24 jam selama penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 yang akan dihelat di Kota Tidore Kepulauan, pada 10 - 13 Desember 2023.

"Kami diminta  ari panitia untuk pelayaran speedboat dan kapal kayu dibuka 24 jam, agar bisa melayani mobilitasi masyarakat dan para tamu dari Ternate ke Tidore atau sebaliknya,"kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Rushan Muhammad.

Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 dipusatkan di Provinsi Maluku Utara oleh Pemerintah Pusat yang bakal dihelat di Kota Tidore Kepulauan pada 10 - 13 Desember dengan mengusung tema "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”.

Sedangkan, dalam memeriahkan hari Nusantara ini, sebanyak 20 peserta tim terjun payung dari TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar latihan di Kota Ternate, sebagai persiapan pembukaan penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan pada 10 - 13 Desember.

Komandan Satuan (Dansat) Kopaska Koarmada III Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory mengatakan, latihan ini dalam rangka persiapan pembukaan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan nanti.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023