Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat atau akrab disapa Rerie menyampaikan kepada generasi muda peran penting transformasi digital dalam meningkatkan kapasitas diri, namun digitalisasi mempunyai dua sisi mata uang yang memberikan dampak positif, sekaligus negatif.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, Rerie mengatakan di satu sisi transformasi digital memudahkan kaum muda menggunakan setiap platform digital untuk berbagi ide dan kreativitas.
 
Namun, di sisi lain, tidak sedikit pihak yang menyalahgunakan kemajuan teknologi untuk tujuan tertentu yang berlawanan dengan budaya maupun hukum yang berlaku.
 
"Mengapa transformasi digital harus menjadi perhatian? Karena teknologinya berkembang cepat luar biasa dan peningkatan pemahaman masyarakat tidak mampu mengejar kecepatan transformasi itu," ujarnya dalam Temu Tokoh yang dihadiri para mahasiswa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (15/12).
 
Menurut dia, transformasi teknologi informasi yang cepat, kerap kali tidak disadari oleh penggunanya, sehingga teknologi itu dimanfaatkan untuk menyebarkan konten-konten yang berdampak negatif.
 
Karena itu, lanjut dia, penting bagi generasi muda untuk meningkatkan pemahaman terhadap dirinya, serta nilai-nilai budaya, agama, moral, sejarah dan kebangsaan yang telah dimiliki bangsa ini.
 
Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI itu menegaskan bahwa teknologi itu alat untuk mempermudah kehidupan manusia, namun seringkali tanpa sadar dengan memanfaatkan teknologi pula justru manusia mengikis nilai-nilai luhur yang telah dianutnya.
 
Pada kondisi tersebut, tegas Rerie, dibutuhkan kemampuan anak bangsa untuk memiliki pemahaman terhadap nilai-nilai yang berlaku, sehingga mampu menyaring setiap informasi dan dampak perkembangan teknologi saat ini.
 
Agar mampu menjawab tantangan itu, politisi dari Dapil II Jawa Tengah berpendapat, generasi muda harus mampu mendefinisikan kembali model pembelajaran yang tepat.
 
Menurut Rerie, terdapat sejumlah model pembelajaran yang bisa dipilih. Antara lain, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek/program, pembelajaran berbasis komunitas, pembelajaran berbasis teknologi dan pembelajaran berbasis tantangan.
 
Rerie menambahkan, melalui pemilihan berbagai model belajar yang ada, generasi penerus diharapkan mampu memahami tantangan yang dihadapi tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wakil Ketua MPR Rerie ingatkan positif-negatif transformasi digital

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023