PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku Maluku Utara (UIW MMU) menyampaikan pasokan listrik menghadapi perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah kerjanya tidak alami defisit. 

"Ketersediaan pasokan listrik di wilayah kerja kami juga cukup dan aman. Masyarakat tidak perlu khawatir akan pemadaman, karena pasokan listrik yang kami sediakan mampu menutupi beban yang ada," ujar Senior Manajer Pembangkitan, Nyoman Satriadi Rai di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya berupaya meningkatkan performa sistem kelistrikan di dua momen penting di pengunjung tahun, dengan berupaya untuk melakukan pemeliharaan.

Mengawali tahun 2024, akan ada pesta demokrasi yang tentunya perlu didukung dengan pasokan listrik yang prima, sehingga upaya pemeliharaan dimajukan pada November dan Desember 2023.

Ia menjelaskan, kenapa terjadi pemadaman pada November dan Desember, karena jadwal pemeliharaan mesin PLTMG Waai yang seharusnya dilakukan di Februari 2024 dimajukan.

Baca juga: PLN UIW MMU berkolaborasi dengan PPAD rehabilitasi lahan kritis di Malteng

"Tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu, maka upaya pemeliharaan merupakan langkah preventif yang kami ambil agar perayaan Natal, tahun baru hingga di Pemilu nanti tidak ada gangguan," katanya.

General Manajer PLN UIW Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula menambahkan, penguatan juga dilakukan terhadap kapasitas personel.

Berbagai pelatihan, dari kemahiran penggunaan peralatan kelistrikan, backup sistem juga diatur sebaik mungkin. Personel dibekali pengetahuan sehingga dapat bekerja dengan baik.

Jika ada gangguan di lapangan, personel harus cepat tanggap sehingga durasi eksekusi dalam hal respon dan waktu pemulihan harus dilakukan secepat mungkin.

Tentunya proses tersebut terpantau dalam waktu sebenarnya melalui command center PLN. Selain itu, dukungan aplikasi PLN Mobile yang memudahkan Pelanggan melaporkan adanya gangguan perlu dimanfaatkan.

"Komitmen PLN terus memberikan pelayanan terbaik, tidak hanya saat momen tertentu saja, melainkan secara kontinyu dioptimalkan," kata Awat.

Baca juga: PLN UIW MMU gelar pameran Christmas Electrifying Lifestyle di Ambon

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023