Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon mulai melakukan perakitan sebanyak 4.700 kotak suara untuk Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Sport Hall Karang Panjang, Ambon.

"Perakitan kotak suara dimulai hari ini dan dilaksanakan hingga menjelang hari Natal atau kurang lebih tiga hari " kata Ketua KPU Kota Ambon, M. shadek Fuad, di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, proses perakitan kotak suara dibantu sebanyak 25 orang setelah kotak suara selesai dirakit akan dilengkapi label dan stiker.

Setelah perakitan kotak suara rampung, petugas KPU akan mulai menyortir dan melipat surat suara Pemilu.

"Kami dibantu 25 orang tenaga yang memang sudah berpengalaman melakukan perakitan kotak suara, yang dimulai sejak pagi hingga sore, " Katanya.

Saat ini, katanya, logistik yang sudah masuk ke Sport Hall adalah kotak suara, setelah diambil dari gudang transit di kawasan Poka.

Kotak suara ini akan dibentuk untuk diisi logistik suara saat pendistribusian, seperti tinta, segel, dan lainnya.

"Direncanakan selain perakitan kotak suara, juga akan dilakukan pelipatan dan sortir surat suara, " Katanya.

Kasubag Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Kota Ambon, Yopi Manuputty menjelaskan, saat ini logistik logistik Pemilu 2024 yang sudah diterima KPU Ambon di antaranya tinta, cable ties, bilik suara, dan kotak suara, serta perlengkapan teknis lainnya untuk tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara surat suara yang telah diterima yaitu surat suara presiden, DPR RI DPRD Provinsi DPRD kabupaten Kota.

"Surat suara DPD belum kami terima, kemungkinan tiga hari ke depan tiba di Ambon, kita masih menunggu informasi dari penyedia dan ekspedisi, saat ini dalam perjalanan waktu tiba di ambon kita belum tau kapan, " Katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023