Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku menjamin ketersediaan pasokan BBM dan LPG selama masa libur Natal dan Tahun Baru di seluruh wilayah Papua Maluku.

Executive General Manajer Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Sunardi, mengatakan, Pertamina melakukan kinerja ekstra dengan membentuk Tim Satgas Natal Tahun baru mulai 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

"Tim satgas bertugas mengawasi dan memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama masa libur Natal Tahun Baru, " katanya, Kamis.

Ia mengatakan , khusus Satgas Natal dan Tahun Baru 2023/2024, pengelolaan masing-masing tim dibentuk hingga ke level yang paling kecil.

"Tim Satgas akan melakukan berbagai hal yang telah direncanakan, seperti jika terjadi kejadian penting hingga laporan stok, realisasi secara berjenjang akan jadi tugas satgas, di mana muaranya sampai ke Pemerintah dalam hal ini BPH dan ESDM," ujarnya.

Area Manager Comm, Rel and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, Edi Mangun menjelaskan, masa Libur Natal dan Tahun Baru diperkirakan akan terjadi peningkatan arus kendaraan dan penggunaan LPG mulai pada 20 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 di wilayah Papua Maluku.

Wilayah timur ini unik karena di Papua dan Maluku terdiri dari wilayah kepulauan, jaraknya berjauhan dan daratan disini sebagian besar infrastruktur jalan antar kota belum begitu bagus.

"Kondisi ini mengakibatkan arus mudik didominasi dengan menggunakan mode transportasi udara dan laut. Mode transportasi darat biasanya digunakan untuk mudik lokal di wilayah tertentu, belum lagi penggunaan gas LPG itu biasanya di masa Natal nanti meningkat pesat, ini yang harus kita persiapkan,” katanya.

Pertamina katanya, berkoordinasi dengan instansi terkait meliputi dinas ESDM, Dishub, Disperindag, Angkasa Pura, Kepolisian, KSOP, TNI, dan PT Telkom Indonesia demi memastikan kelancaran distribusi BBM dan LPG.

Saat ini stok BBM dalam kondisi aman, dan demi melancarkan distribusi BBM dan LPG pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait yang selama ini membantu.

Saat ini stok BBM dan LPG di wilayah Papua Maluku dan seluruh infrastruktur telah disiagakan, meliputi 21 Terminal BBM, dua Terminal LPG, lebih dari 748 Lembaga Penyalur BBM, 157 Agen Minyak Tanah, 2 SPBE, 28 Agen LPG NPSO, dan 12 DPPU.

Edi mengimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir apalagi sampai panic buying. Beli sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan, dipastikan stok BBM mencukupi.

Apabila masyarakat membutuhkan informasi seputar harga BBM, Produk Pertamina dan informasi yang diperlukan dapat mengecek link www.mypertamina.id, www.pertamina.com serta akun media sosial @mypertamina, @pertamina dan juga dapat menghubungi Call Center 135.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023