Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), memastikan perayaan ibadah Natal 2023 oleh umat Kristiani di sejumlah gereja di Kota Ternate dan berbagai daerah lainnya di Malut berjalan tertib, lancar, dan aman .

"Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkompimda Ternate telah melakukan pemantauan beberapa gereja di Kota Ternate untuk memastikan pelaksanaan ibadah Natal itu berjalan lancar dan aman," kata Wali Kota Ternate Tauhid Soleman di Ternate, Selasa.

Menurut dia, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sangat kondusif, sehingga masyarakat diimbau untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

Dia mengatakan, pelaksanaan perayaan ibadah Natal berjalan tertib, lancar, dan aman, sehingga umat Kristiani dapat melaksanakan ibadah tersebut dengan khusyuk.

"Kami mengucapkan selamat Natal bagi umat Kristiani yang berada di Kota Ternate," ujar dia.

Baca juga: Kapolresta: Pengamanan Natal dan tahun baru harus dijalankan maksimal

Sebelumnya, pada Minggu (24/12) dan Senin (25/12) pagi, Forkompimda melakukan pengecekan di Posko Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kota Ternate.

Bahkan, Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko menjamin pelaksanaan ibadah Natal yang tersebar di 780 gereja di sepuluh kabupaten dan kota di Maluku Utara berjalan dengan aman dan lancar.

"Harapan untuk masyarakat Maluku Utara kita bersama-sama menyelenggarakan dan melaksanakan perayaan ibadah Natal yang damai, tidak usah terpengaruh oleh hoaks-hoaks yang ada di medsos. Maluku Utara hingga kini masih aman," katanya.

Sementara untuk jumlah personel baik dari Polda Malut maupun jajaran Polres di sepuluh kabupaten dan kota di Maluku Utara, sebanyak 920 personel serta dibantu pihak TNI yang tersebar di 30 Posko Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca juga: Kapolda jamin keamanan Natal di Maluku Utara

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023