Kapolresta Pulau Ambon dan PP Lease Komisaris Besar Polisi Driyano Andri Ibrahim mengatakan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 merupakan tugas rutin yang harus dijalankan secara maksimal dengan aman, nyaman, dan lancar.

"Mengingat adanya peningkatan mobilitas masyarakat pada periode ini diperkirakan mencapai 107,63 juta orang atau meningkat 143,65 persen dibandingkan tahun sebelumnya sehingga semua personel yang terlibat Operasi Lilin Salawaku 2023 harus menjalankan tugas dengan baik dan benar," kata Kapolresta di Ambon, Jumat.

Penegasan Kapolresta disampaikan saat memimpin gelar apel pasukan dalam rangka Operasi Lilin Salawaku tahun 2023 dan ditandai penyematan pita tanda operasi yang dilakukan secara simbolis kepada perwakilan pasukan.

Secara umum, Operasi Lilin 2023 melibatkan 129.923 personel, terdiri dari TNI, Polri, serta instansi pemerintah terkait lainnya.

"Dengan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu yang tersebar di berbagai titik strategis, diharapkan dapat menjaga keamanan pada 49.676 objek pengamanan," tandasnya.

Secara khusus untuk kesiapan operasi ini, Polresta Ambon melibatkan 1.703 personel terdiri dari unsur TNI, Polri dan instansi pemerintah daerah.

Seluruh personel gabungan ini disebarkan pada 13 pos pengamanan, empat pos pelayanan, serta dua pos terpadu dan juga ditambah enam pos penyekatan menjelang pengamanan malam Natal dan tahun baru.

Kapolresta juga menekankan penanganan potensi masalah, seperti pembatasan operasional angkutan barang, rekayasa lalu lintas, pengamanan arus lalu lintas penyeberangan laut, hingga penjagaan ketat pada pusat keramaian dan tempat ibadah.

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan tertib, menandai dimulainya Operasi Lilin Salawaku 2023 untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pasukan yang terlibat dalam apel pasukan, yakni satu peleton Brimob Polda Maluku, satu regu Dishub Maluku, Satpol PP provinsi, satu regu BNPB provinsi, dan satu regu Pramuka.

Kemudian Dalmas Polresta Ambon, satu peleton PRC Polresta, satu peleton Reskrim Intel dan Narkoba Polresta, satu regu Bhabinkamtibmas, satu regu Lantas Polresta, satu peleton Kodim 1504 Pulau Ambon, dan satu regu Lantamal IX Ambon.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023