Gubernur Maluku Murad Ismail mengemukakan bahwa lulusan Politeknik Negeri Ambon dituntut kreatif untuk ikut andil dalam pembangunan Maluku.

"Semoga wisuda ini dapat menghasilkan lulusan yang handal, berkualitas, kreatif dan inovatif guna membangun Maluku ke arah yang lebih baik lagi," ucap Gubernur Murad di Ambon, Kamis, pada Wisuda XVIII Program Studi Diploma 3 dan Sarjana Terapan Politeknik Negeri Ambon.

Menurut Gubernur Murad, kemajuan teknologi saat ini menuntut semua pihak untuk senantiasa peka dan sigap terhadap beragam kemampuan serta keahlian yang sangat dibutuhkan dalam bekerja maupun berkarya.

“Para lulusan harus memiliki keterampilan yang memadai, komunikasi yang handal baik di Tingkat lokal, nasional bahkan di tingkat global," tuturnya.

Ia melanjutkan bahwa momen wisuda sendiri hendaknya dijadikan sebagai langkah awal bagi para wisudawan untuk memasuki dunia pengabdian yang lebih nyata untuk membangun Maluku.

Pada kesempatan itu Politeknik Negeri Ambon mewisuda sebanyak 804 lulusan termasuk kampus di Masohi dan Banda Maluku tengah.

Berdasarkan data yang diperoleh para wisudawan itu terdiri dari Teknik Sipil 60 orang, Teknik Mesin 54 orang, Teknik Listrik 73 orang, Administrasi Bisnis 38 orang, Akuntansi 132 orang, Teknik Informatika 85 orang, Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan 88 orang.

Selanjutnya Manajemen Proyek Konstruksi 80 orang, Teknik Produksi Migas 19 orang, Teknologi Rekayasa Sistem Mekanikal Migas 26 orang, Teknologi Rekayasa Sistem Kelistrikan Migas 13 orang, Administrasi Bisnis Terapan 105 orang.

Kemudian Teknologi Pengelolaan Hasil Pertanian Kampus Masohi dua orang, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan Kampus Masohi dua orang, Pariwisata Kampus Masohi 12 orang, Manajemen Sumber Daya Perairan Kampus Banda Neira enam orang terakhir Budidaya Perairan Kampus Banda Neira sembilan orang

Dengan demikian sejak didirikan tahun 2006 sampai dengan Tahun 2023, Politeknik Negeri Ambon telah meluluskan sebanyak 8.972 orang.

Hadir pada kesempatan itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Maluku Habibah Saimima, Forkopimda Provinsi Maluku, Direktur Politeknik Negeri Ambon, Akademisi Politeknik Negeri Ambon, dan sejumlah pimpinan perguruan tinggi di Maluku.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023