Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan fungsikan penggunaan kawasan kuliner Ternate melalui pengembangan ruang publik di sekitar Jatiland Mall, dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Kami terus membangun ruang publik dan kawasan kuliner, sehingga untuk menjaga estetika dan keindahan kawasan ini, akan ditempatkan personel Satpol PP agar teratur," kata Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly di Ternate, Rabu.

Selain penempatan petugas Satpol PP, juga akan disediakan tempat sampah dan fasilitas berupa armada roda  mengangkut sampah di kawasan tersebut karena kPemkot Ternate telah menata awasan pusat kuliner yang ditempati 45 penjual berbagai jenis.

Pusat kuliner yang berada tepatnya di kawasan Jatiland Mall merupakan tempat yang masuk kawasan kumuh, tetapi Pemkot Ternate mengubah wajahnya menjadi destinasi baru bagi warga Ternate.


 
Kawasan kuliner Ternate menjadi kawasan ruang publik baru, Rabu (27/12/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)



 Apalagi, pemandangan di pusat kuliner Kota Rempah, tepatnya di belakangan Jatiland Mall ini kini lebih rapi, indah dan modern. 

Menurut dia, meski belum diresmikan penggunaannya, tetapi  ratusan warga ramai mengunjungi tempat ini dan berswafoto bersama keluarga. 

Selain itu, kata Rizal, Pusat kuliner Kota Ternate yang satu ini memang dibuat untuk dijadikan ruang publik dan bisa dimanfaatkan bagi warga untuk bersantai dengan tersedianya fasilitas memadai dan sudah pasti membuat nyaman setiap pengunjung.

Pusat kuliner dan ruang publik ini akan diresmikan oleh Wali Kota pada 31 Desember 2023 ini dan dirangkaikan melalui peringatan hari jadi Kota Ternate ke-773.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023