Satgas Operasi Mantap Brata Salawaku 2023/2024 Polda Maluku bersama Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease mengawal pembongkaran dan pendistribusian logistik Pemilu 2024 berupa surat suara DPD RI ke enam kabupaten/kota.

"Kali ini surat suara DPD RI digeser untuk enam kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Buru, Buru Selatan, Tanimbar, Maluku Barat Daya, Malra, dan Kota Tual," kata Kasi Humas Polresta Ambon Inspektur Polisi Dua Janete S. Luhukay di Ambon, Kamis.

Pendistribusian surat suara dihadiri Kasubag Satgas Pam Objek Penting OMB Salawaku 2023/2024 Kompol Aris Tiku, Kasubag Satgas Kawal Ditlantas Polda Maluku AKP Jhon, dan Kapolsek KPYS AKP Julkisno Kaisupy.

Hadir pula KBO Sat Samapta Polresta Ambon Ipda Burhan Nawir, Kanit Intelkam Polsek KPYS Ambon AIPDA Eko Prahanoto, perwakilan Bawaslu dan KPU Provinsi Maluku serta perwakilan Bawaslu dari kota maupun kabupaten.

"Pendistribusian untuk tiga kabupaten itu dari peti kemas nomor TEGU 682431 (6) 40 Fit, Port: Ambon. Nomor Segel: 2519677 dengan jumlah 19.966 kilogram atau total 2.235 koli," jelas Janete.

Dia menjelaskan pembongkaran peti kemas berisikan surat suara DPD RI untuk dua kabupaten di Pulau Buru, yakni Kabupaten Buru dan Buru Selatan sebanyak 196 koli, alat bantu tuna netra (ABTN) untuk DPD lima koli, ABTN untuk pilpres satu koli, formulir C tiga koli sehingga keseluruhannya sebanyak 205 koli.

Kemudian untuk Kabupaten Buru Selatan Surat Suara DPD 107 koli, ABTN DPD tiga koli, ABTN pilpres satu koli, formulir C dua koli dengan total113 koli.

Kegiatan bongkar muat dikerjakan para buruh NQ Logistik sebanyak enam orang dan mendapat pengawalan polisi.

Pembongkaran peti kemas berisikan surat suara DPD RI juga dilakukan untuk didistribusikan menuju Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kepulauan Tanimbar, dan Maluku Barat Daya.

Untuk Kabupaten Maluku Barat Daya dengan jumlah surat suara DPD 128 koli, ABTN DPD tiga koli, ABTN pilpres 1 koli, dan formulir C tiga koli dengan total 135 koli.

Sementara untuk Kabupaten Kepulauan Tanimbar, surat suara DPD 181 koli, ABTN pilpres satu koli, formulir C tiga koli dengan jumlah keseluruhan 185 koli.

Kemudian pendistribusian surat suara DPD ke Kabupaten Maluku Tenggara sebanyak 186 koli, ABTN DPD lima koli, ABTN pilpres satu koli, formulir C tiga koli dengan total 195 koli.

Pendistribusian surat suara DPD ke Kota Tual sebanyak 129 koli, ABTN DPD tiga koli, ABTN pilpres satu koli, Formulir C dua koli dengan jumlah keseluruhan 135 koli.

Selama pembongkaran surat suara dari peti kemas ke dalam mobil dan diangkut ke atas Kapal Sabuk Nusantara 71 mendapatkan pengamanan dari personel Ditsamapta dan Ditintelkam Polda Maluku, Satsamapta Polresta Ambon, Intelkam Polresta maupun Brimob Polda, Ditpolair serta KPYS Ambon.

"Kegiatan pendistribusian logistik surat suara Pemilu ini dijadwalkan berlanjut ke Kabupaten Seram Bagian Timur," ucapnya.

Sedangkan untuk mobil yang membawah logistik surat suara DPD ke Kabupaten Buru dan Buru Selatan melewati penyeberangan laut menggunakan kapal Feri yang diberangkatkan dari Pelabuhan Feri Galala.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024