Perum Bulog Maluku siap menyalurkan beras bantuan pangan bagi 128.436 kepala keluarga Penerima Bantuan Pangan Beras (PBPB) di provinsi itu untuk periode Januari-Juni 2024.

"Selama enam bulan terhitung Januari-Juni 2024 setiap KK akan menerima beras bantuan sebanyak 10 kilogram beras per bulan," kata Manager Supply Chain dan Pelayanan Publik (SCPP) Perum Bulog Maluku Arwyati Ridwan di Ambon, Rabu.

Ia menyampaikan pelaksanaan penyaluran dibagi bertahap, tahap pertama terhitung Januari-Maret, dan tahap II April-Juni 2024.

Untuk proses penyaluran saat ini pihaknya menunggu berita acara verifikasi dan validasi data penerima bantuan pangan beras 2024 dari pemerintah kabupaten dan kota melalui Kantor Pos.

"Sebab kantor pos yang akan menyalurkannya beras bantuan pangan ini sampai ke penerima di 11 kabupaten kota yang tersebar di wilayah Maluku, kata dia.

Dia menjelaskan dilihat dari jumlah penerima 2024 sebanyak 128.436 KK, terjadi penambahan jika dibandingkan dengan penerima di 2023 yang hanya berjumlah 121.382 KK.

Ia memastikan Bulog Maluku sudah siap guna menyalurkan beras bantuan pangan bagi masyarakat di Maluku ke yang berhak menerima.

Apalagi stok beras Perum Bulog Maluku sekarang ini cukup banyak yakni 15.000 ton yang tersebar di gudang Bulog Kota Ambon, Kota Tual, Saumlaki, dan juga di Mako Kabupaten Pulau Buru.

Dengan beras yang cukup banyak diperkirakan bisa mengisi permintaan masyarakat di daerah ini hingga empat bulan ke depan.

"Jadi sudah diperhitungkan stok yang ada, digunakan untuk pelaksanaan penyaluran beras bantuan pangan 2024, kemudian mengisi kerja sama dengan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon dan juga termasuk pedagang rumah pangan kita (RPK)," ujarnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024