Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memasukkan pengembangan sektor pariwisata dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Ambon tahun 2024- 2045.

Penyusunan RPJPD Kota Ambon tahun 2024- 2045 sektor Pariwisata menjadi perhatian yakni konsep pengembangannya agar 20 tahun ke depan kota ini telah siap dari semua aspek, dan lebih baik, kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena.

"Dua puluh tahun ke depan kita harus bisa membuktikan ikon Ambon Kota Musik, Kota Damai dan Kota Ikan jangan hanya menjadi slogan saja, tapi terimplementasi sehingga harus dipikirkan dengan matang rancangannya ke depan," katanya di Ambon, Selasa.

Ia menyatakan, penyusunan RPJPD harus memadukan, mensinkronkan, seluruh kebijakan pemerintah mulai dari Pemerintah Pusat (Pempus), Pemerintah Provinsi (Pemprov), sampai ke daerah agar bisa berjalan bersama, dalam upaya untuk saling mendukung guna mencapai tujuan negara.

Selain sektor pariwisata, ada beberapa hal yang menjadi catatan yang pertama bahwa keberadaan kota ini tidak terlepas dari berbagai perkembangan yang terjadi baik tingkat global maupun tingkat nasional.

Semua saling mempengaruhi dan akan berdampak, seperti perubahan iklim yang ekstrem dan berimbas pada segala bidang oleh sebab itu hal ini perlu diperhatikan.

Perubahan iklim katanya tentu akan berpengaruh dengan ketersediaan air bersih oleh sebab itu diharapkan dapat dirancangkan ketersediaan air bersih sampai 20 tahun ke depan, dan tentunya dapat dinikmati oleh seluruh warga kota ini.

Selain itu juga perlu mengantisipasi terjadinya inflasi di kota ini dengan terus memantau dan memberi solusi terhadap komoditi pasar yang memiliki potensi pemicu.

"Sehingga diharapkan OPD terkait mampu membuat perencanaan dengan baik agar di 20 tahun mendatang kita siap, termasuk menghadapi cuaca ekstrem yang mengakibatkan kenaikan harga pada ikan, dan kebutuhan lainnya," ujarnya.

Ia berharap, setiap pemangku kepentingan dalam hal ini kepala dinas, camat, dan lurah dapat mengidentifikasi kebutuhan warganya dengan baik guna memajukan Kota Ambon dan mampu mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.2024- 2045.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024