Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menerjunkan personelnya untuk mencari seorang penumpang speedboat antarpulau rute Ternate - Makian bernama Abdullah Hi Talib (69 tahun) yang terjatuh di perairan Kota Tidore Kepulauan.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman di Ternate, Jumat mengatakan kronologis singkat kejadian, pada 26 Januari 2024 sekitar pukul 07.00 Wit, Speed Sinar Moti Makian bertolak dari Ternate menuju Makian.

Sesampainya di sekitar Perairan Desa Toloa Pulau Tidore, satu orang penumpang speed terjatuh ke laut. Selanjutnya keluarga korban yang juga berada di dalam speed segera melaporkan kepada Basarnas Ternate.

"Pukul 09.50 Wit, Tim Rescue Kansar Ternate bersama potensi SAR bergerak menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian terhadap korban, Jelas Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman.

Baca juga: Basarnas Ternate cari seorang nenek hilang terseret banjir

Sementara itu, sehari sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, melakukan pencarian terhadap enam korban Kapal LCT Bora V yang tenggelam di perairan Tagulandang Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Kepala Basarnas Ternate Fathur dihubungi, Rabu (24/1) mengatakan sekitar pukul 11.20 WIT, Tim Rescue Basarnas Ternate bergerak menuju Pulau Batang dua dengan menggunakan KN SAR 237 Pandudewanata untuk membantu Basarnas Manado melaksanakan pencarian ke enam korban yang masih hilang tersebut.

Alut dan Palsar yang digunakan dalam operasi pencarian, KN SAR 237 Pandudewanata dari Ternate, KN SAR Bimasena (Manado), Kapal Polairud Gandiwa (Manado), Palsar Evakuasi, Palsar Medis dan Palsar Komunikasi.

Fathur Rahman menyebut, kronologis, pada tanggal 21 Januari 2024 pukul 21.30 Wita LCT Bora V mengalami emergency ram door lepas dan tenggelam akibat hantaman gelombang cuaca ekstrim dan membutuhkan bantuan evakuasi selanjutnya informasi diteruskan oleh Syahbandar Tagulang ke Basarnas Manado.

Pada tanggal 23 Januari 2023. Basarnas Ternate menerima informasi dari Basarnas Manado bahwa pada pukul 12:00 Wit, Kapal ikan KM Mitra Bahari menemukan 10 orang korban di perairan Batang Dua Kota Ternate.

Baca juga: Basarnas Ternate cari enam korban kapal tenggelam

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024