Ternate (Antara Maluku) - Badan Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BPKKBD) Kota Ternate, Maluku Utara, mengintensifkan pelayanan KB gratis untuk menggairahkan masyarakat menjadi peserta program tersebut.

Kepala Badan BPKKBD Kota Ternate, Bahtiar Teng mengatakan di Ternate, Rabu, upaya ini mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat dan para ibu rumah tangga untuk berpartisipasi dalam program KB.

Dia mengatakan, petugas di lapangan akan mengintensifkan program KB dalam rangka menciptakan keluarga bahagia dan sejahtera. Salah satunya menargetkan peserta KB untuk tahun ini bisa mencapai angka 97 persen dari jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) di daerah ini.

Jumlah warga yang berpartisipasi dalam program KB di Kota Ternate dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, termasuk warga yang sadar akan pentingnya memakai alat kontrasepsi KB.

"Target peserta KB baru tahun ini capai 5.245 pasangan atau naik 10 persen dibanding target 2012 yang 87 persen, sehingga menjadi 97 persen. Peserta KB aktif di Kota Ternate ditargetkan 36.730 pasangan atau 15 persen dari total PUS," katanya.

Begitu juga dengan peserta KB aktif di Kota Ternate ditargetkan 36.730 pasangan atau 15 persen dari total PUS.

Selama 2012, realisasi peserta KB baru yang dicapai sebanyak 4.409 pasangan atau 87 persen dari target yang ditetapkan 5.055 pasangan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2013