Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak diberi penganugerahan  gelar adat 'Kapita Ahli Besi Malamo' dari Kesultanan Ternate, Maluku Utara Senin.

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak saat dihubungi, Senin merasa bangga karena telah diberikan  gelar adat kehormatan tersebut.

"Malam ini saya merasa mendapat kehormatan dari Sultan untuk mendapatkan gelar kehormatan sebagai kapita perang terkuat. Ini menjadi suatu kehormatan kebanggaan buat saya untuk intens lagi berkomunikasi dengan  Sultan khususnya dan masyarakat Kota Ternate. Mudah-mudahan kita nanti mempunyai program  untuk sama-sama menjaga keutuhan NKRI, meningkatkan kehidupan masyarakat," ujar KSAD. 
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI  Maruli Simanjuntak didampingi Pangkostrad Letjen TNI Saleh Mustafa yang juga putra Ternate, beri penganugerahan  gelar adat 'Kapita Ahli Besi Malamo' dari Kesultanan Ternate, Senin (5/2/2024). ANTARA/Abdul Fatah 
Pantauan di lokasi kedaton  pukul 18.20 WIT KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak didampingi istri mendatangi kedaton Kesultanan Ternate langsung disambut perangkat Sultan Ternate Hidayatullah Sjah bersama perangkat adat Kesultanan. 

Tidak sendiri kedatangan Maruli Simanjuntak bersama Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dan Pangdam Pattimura Mayjen TNI Syahrial bersama rombongan. dan langsung disambut adat joko kaha atau injak tanah di depan halaman Kesultanan Ternate. 

Selanjutnya KSAD diarahkan naik ke ruang utama Kedaton dan diberi penyematan gelar oleh Sultan Ternate, selain itu KSAD juga dipersilakan melihat kamar puji yang berada dalam kedaton kesultanan Ternate dan dilanjutkan makam malam bersama di areal samping kiri kedaton. 

Sementara itu Sultan Ternate Hidayatullah Sjah mengatakan  bersyukur karena KSAD sudah mau berkunjung ke bumi Moluku Kie Raha. 

"Kami  bersyukur kepada Allah SWT atas tuntutannya pak KSAD mau datang.  Mudah mudahan dengan pemberian gelar ini masyarakat Maluku Utara generasi mudanya terpacu untuk melatih dirinya bila ingin menjadi tentara, harus ada kesiapan diri," kata Sultan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024