Pemerintah kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) mencanangkan gerakan menanam cabai secara mandiri pada setiap pekarangan rumah, sekolah, hingga perkantoran dalam rangka pengendalian inflasi.

"Gerakan tanam cabai di  pekarangan kantor, sekolah, maupun rumah merupakan salah satu gerakan inovatif yang dilakukan sebagai langkah untuk pengendalian inflasi di Kabupaten Maluku Tengah," ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura  Maluku Tengah J. Haumahua dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Selasa.

Apalagi saat ini harga komoditas cabai di pasar Maluku Tengah  cukup tinggi berkisar antara Rp95.000 hingga Rp110.000 per kilogram. Oleh sebab itu untuk menurunkan harga komoditas itu dicanangkan program tanam cabai pada pekarangan menjelang bulan suci Ramadhan 2024.

Haumahua mengatakan hal tersebut sesuai dengan edaran Bupati Nomor 526/06/SE/2024 tanggal 5 Januari 2024 tentang gerakan menanam cabai di pekarangan

Sementara itu Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa menyampaikan  inovasi tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertanian yang meminta  pemerintah daerah   melakukan gerakan menanam cabai guna memastikan stok atau komoditas di daerah tersedia dengan harga yang terjangkau.

"Untuk itu pada hari ini saya mencanangkan gerakan tanam cabai di pekarangan agar Maluku Tengah dapat mandiri pangan dalam berbagai kondisi. Hal ini harus ditanamkan juga kepada anak-anak kita, agar mereka peduli dengan ketahanan pangan daerah," katanya menjelaskan.

Ia menambahkan  gerakan menanam cabai di pekarangan merupakan salah satu langkah strategis pemerintah daerah untuk menekan laju inflasi di Maluku Tengah yang bisa mempengaruhi perekonomian masyarakat.

"Walaupun untuk saat ini harga cabai sudah mulai stabil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi kenaikan harga ke depannya,  dengan gerakan ini saya berharap akan berdampak pada stabilitas harga cabai khususnya menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri," kata dia.

Rakib mengajak para pimpinan OPD, camat, dan seluruh ASN di Kabupaten Maluku Tengah untuk selalu berinovasi dan mendukung program prioritas pembangunan nasional untuk menekan laju inflasi, menurunkan kemiskinan ekstrem, kemudahan investasi, penurunan stunting, dan menyukseskan gerakan menanam cabai, juga program inovasi lainnya di bidang pertanian guna meningkatkan ketahanan pangan.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024