Pelaksanaan pemungutan suara pemilu  2024 pada  14 Februari 2024, Plt Gubernur Maluku Utara (Malut) Al Yasin Ali dan Sekprov Malut Samsudin Abdul Kadir menyalurkan hak pilihnya di tempat berbeda

"Untuk Pj Gubernur salurkan hal pilih di Kelurahan Vidi Jaya, Kabupaten Halmahera Tengah dan Sekprov Malut di TPS Desa Akekolano Tidore Kepulauan dan keduanya siap menyalurkan hak pilih," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Karo Adpim) Rahwan K Suamba di Ternate, Rabu

Dia mengatakan Plt, Gubernur Maluku Utara akan menyalurkan hak suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 006 Kelurahan Vidi Jaya, Kecamatan Weda Kabupaten Hamahera Tengah.

Sementara, Sekprov Maluku Utara Samsudin Abdul Kadir akan menyalurkan hak pilih di TPS desa Akekolano Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan.

Untuk menjaga netralitas ASN, Plt Gubernur mengimbau kepada seluruh ASN baik provinsi, kabupaten maupun kota serta masyarakat agar mematuhi semua ketentuan.

"ASN provinsi Maluku Utara diminta  menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan menjaga netralitas dan menegakkan prinsip netralitas ASN dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik sebelum maupun sesudah pemilu," kata Karo Adpim.

Selain itu, ASN harus menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik intimidasi dan ancaman kepada  seluruh elemen masyarakat serta memihak kepada pasangan calon tertentu.

Dirinya mengajak  menggunakan media sosial secara bijak, tidak digunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu dan tidak menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong serta menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

Di tempat terpisah,  Anggota KPU Malut, Reni S Banjar ketika dihubungi mengatakan, untuk Komisioner KPU telah mendapatkan tugas melakukan pemantauan di berbagai kabupaten/kota.

Menurut Reni, sesuai jadwal, KPU Malut, Pudja Sutamat akan pemantau pemungutan suara di Tidore Kepulauan, Safrina di Kabupaten Halteng, Mahmud di Kabupaten Pulau Morotai, Morotai, Kabag Rendatin di Halsel, Kabag Kul di Kota Ternate dan Sekretaris KPU Malut Efendi Latuconsina di Kabupaten Halmahera Timur.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024