Aksi donor yang digelar Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Persit Kartika Chandra Kirana tahun 2024 menghasilkan sebanyak 225 kantong darah.

“Hasil donor ini untuk memenuhi kebutuhan darah di Maluku yang diserahkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI),” ucap Pangdam XVI Pattimura Mayjend TNI Syafrial di Ambon, Selasa.

Pangdam mengatakan aksi donor yang digelar di Rumah Sakit Tentara Tingkat II dr JA Latumeten Ambon tersebut diikuti jajaran Kodam Pattimura, para prajurit dan unsur Persit Kartika Chandra Kirana Pattimura.

Pada kesempatan itu Pangdam turut menyumbangkan darahnya sebagai komitmen kuat TNI dalam mendukung kegiatan kemanusiaan.

Pangdam menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan peran Persit yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial, khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan darah di daerah itu.

"Partisipasi dalam kegiatan donor darah ini adalah bentuk nyata dari komitmen TNI dan Persit dalam mendukung kemanusiaan dan solidaritas sosial terutama di Maluku,” ujar Pangdam.

Pangdam berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan menjadi inspirasi bagi sesama untuk terus berkontribusi pada kegiatan kemanusiaan.

Pangdam juga mengajak masyarakat untuk terus bersatu dan berkolaborasi dalam upaya menjaga solidaritas sosial serta memberikan kontribusi nyata untuk kesejahteraan bersama.

“Seperti diketahui mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil. Setetes darah sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya," tuturnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024