Perusahaan Umum Daera Panca Karya mengoperasikan dua  Kapal Motor Penyeberangan (KMP) di Ambon guna melayani penyeberangan antar pulau jelang Ramadhan 2024.

"Kalau menyangkut persiapan Ramadhan hingga libur Idul Fitri 1445 Hijriah, ada dua  kapal yang kami dorong untuk melayani masyarakat," kata Direktur Perumda Panca Karya Rusdy Ambon di Ambon, Sabtu.

Kapal motor penyeberangan yang dikelola BUMD milik Pemprov Maluku yang beroperasi selama ini untuk lintasan perintis adalah KMP Tanjung Kuako serta KMP Sardinela.

Dua KMP tersebut melayani rute pelayaran Waai - Kailolo dan Hunimua - Waipirit Seram Bagian Barat (SBB).

Selanjutnya  ada KMP Tatihu yang melayani lintasan penyeberangan Galala - Namlea - Teluk Sanana, serta KMP Bahtera Nusantara 02 melayani pelayaran Ambon - Banda Neira - Tual.

"Untuk KMP Bahtera Nusantara 02 juga turut menjawab kebutuhan tol laut sehingga bisa mengangkut kendaraan, barang, dan penumpang dari Ambon ke Pulau Banda Neira serta Tual," ucapnya.

Tetapi kapal ini masih dalam proses perbaikan dan menunggu suku cadang yang dipesan dari Singapura.

Apalagi jumlah penumpang biasanya mengalami peningkatan pada Bulan Ramadhan serta Idul Fitri dibanding pelayaran hari biasa sehingga kapal tetap dalam kondisi baik untuk memberikan pelayanan maksimal.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024