Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Maluku memaksimalkan 10 program untuk membangun keluarga sejahtera di provinsi itu.

“Melalui 10 program pokok PKK, TP PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergi dengan para stakeholder baik pemerintah daerah maupun lembaga non-pemerintah sesuai peraturan perundang-undangan,” ucap Ketua TP-PKK Maluku Widya Pratiwi Murad dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Minggu.

Hal itu dikatakan Widya dalam memperingati hari kesatuan gerak PKK ke-52 di Ambon Maluku.

Widya menjelaskan bahwa 10 program pokok PKK tersebut yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, perencanaan sehat.

“Dengan tema bergerak bersama PKK, mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju, bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia,” tutur Widya.

Ia juga menjelaskan, sebagaimana visi TP PKK yaitu, terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera lahir dan batin, dirinya berharap agar kiranya, TP-PKK kabupaten dan kota di Maluku dapat mengembangkan program-program PKK di daerah masing-masing sehingga senantiasa sejalan dengan program-program pemerintah dan pemerintahan di daerah.

Di tempat yang sama Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku Kasrul Selang menyampaikan bahwa momentum tersebut juga untuk mengevaluasi program-program kerja, sekaligus menambah semangat juang Tim Penggerak PKK, di daerah.

“Saya berharap kepada anggota PKK Provinsi dan kabupaten kota se-Maluku agar menjadi garda terdepan dalam mewujudkan dan meningkatkan keluarga yang berkualitas, dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal, hingga mencapai lingkup yang lebih luas,” kata Kasrul

Sebagai mitra kerja pemerintah PKK diharapkan dapat terus berperan aktif bersama OPD terkait guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024