Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Ambon membagikan sebanyak 300 kg ikan segar gratis bagi warga yang bermukim di kawasan Gunung Nona Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

"Hari ini kita membagikan 150 kantong ikan segar ukuran dua kilogram kepada masyarakat kurang mampu di kawasan Gunung Nona," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon Febby Maail di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, pembagian ikan gratis dilakukan guna membantu masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan, untuk mendapatkan ikan segar sekaligus bisa mendapat suplai protein.

"Target kita adalah stabilisasi harga pangan khususnya ikan menjelang hari raya keagamaan, walau saat ini harga ikan terjangkau, kita berupaya agar masyarakat mengkonsumsi protein, " katanya.

Selain itu adalah pemenuhan konsumsi protein hewani dalam rangka ketahanan pangan dari ikan, dan memperkenalkan masyarakat bahwa ikan aman untuk dikonsumsi semua kalangan dari bayi sampai orang tua lanjut usia.

"Kita berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara rutin, karena ikan merupakan sumber protein yang baik bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan anak-anak, " ujarnya.

Ia menyatakan, proses pembagian ikan ini DKP langsung membeli ke nelayan , dalam hal ini pengusaha ikan jaring agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau ketimbang membeli di pasar.

Saat ini harga ikan terjangkau sehingga pihaknya membeli dari nelayan sehingga bisa dibagi gratis kepada masyarakat kurang mampu.

Satu kantong ikan yang dibagikan berisi dua kilograk ikan jenis momar atau ikan selar, tongkol dan cakalang.

Ia menambahkan , jenis ikan yang dibagi adalah Ikan Cakalang yang memiliki protein yang baik untuk pemenuhan gizi, pembagian ikan sehat dan bermutu merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat.

"Pembagian ikan gratis kami bekerja sama dengan TVRI Stasiun Maluku untuk bersama membagikan ke masyarakat di lokasi dekat kantor TVRI, " kata Febby.

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024