Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan PT Telkomsel menjajaki peluang kerja sama digitalisasi dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik.

Kota Ambon saat ini menuju kota pintar, dimana kota ini masuk salah satu dari 100 kota pintar di Indonesia, sehingga digitalisasi dalam pelayanan publik harus diwujudkan.

"Telkomsel bergerak di bidang digitalisasi dan banyak hal yang dibuat tentunya dapat membantu Pemkot dalam upaya memajukan kota ini," kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan kerja sama telah dilakukan dengan Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, ke depan diharapkan ada hal- hal lain yang dapat ditingkatkan sehingga Pemkot dapat semakin responsif dalam melayani masyarakat.

Seperti layanan kamera pengawas atau CCTV, alat pemantau atau Tapping Box, Integrasi Sistem Perizinan pada Mall Pelayanan Publik, hingga Videotron menjadi peluang yang dapat kerja sama dengan Telkomsel.

“Ada banyak yang kita lakukan kerjasama dengan berbagai pihak, terutama untuk bagaimana meningkatkan publik di Kota Ambon, yang menjadi komitmen kita bersama, karena semua itu berkaitan dan berbasis pada internet,” katanya.

Vice President Area Account Management PT Telkomsel Samuel Passaribu menyatakan keyakinan bahwa Kota Ambon dapat menjadi pionir Indonesia timur dalam hal digitalisasi.

"Kota Ambon dapat menjadi pionir Indonesia timur dalam hal digitalisasi pelayanan publik, kami dari PT Telkomsel siap mendukung seluruh program dan rencana yang dilakukan pihak Pemkot ambon bagaimana mewujudkan pelayanan publik lebih baik lagi melalui cara-cara digital," katanya.

Dijelaskan, saat ini layanan Telkomsel yang digunakan oleh Pemkot ada tiga yakni Omni Channel, Call Center, dan SMS Broadcast, namun pihaknya juga menawarkan layanan lain, misalnya "Smart CCTV" yang dapat memberikan peringatan kepada bagian terkait, juga layanan "Smart Tax" atau pajak digital secara real time guna meningkatkan akurasi penerimaan dan mengurangi kebocoran Penerimaan Asli Daerah (PAD).

“Selain hal-hal itu, kami sebagai penyedia seluler dapat memberi jaminan pelayanan Telkomsel secara coverage, dapat menjangkau seluruh kota Ambon, sehingga ketika Pemkot ingin menghadirkan solusi digital dapat menggunakan jaringan yang handal," ujarnya.

Pihaknya berharap masyarakat kota Ambon mendapatkan layanan terbaik dari Telkomsel, karena apapun yang dilakukan Pemkot Ambon, yang menikmati adalah masyarakat Ambon sendiri.

"Melalui cara-cara Digital dari Telkomsel, Pemkot dapat menikmati layanan terbaik, dan dapat pula memberikan layanan terbaik bagi masyarakat," kata Samuel.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024