Menghadapi arus mudik Lebaran 1445 Hijriah PT Pelni Cabang Ambon menyiapkan  1.300 tiket kapal gratis untuk enam rute pelayaran  di kawasan Timur Indonesia.

"1.300 tiket gratis itu  untuk rute Ambon-Makassar 400 tiket, Ambon-Sorong 300 tiket, dan Ambon-Ternate 300 tiket, sedangkan rute Ambon-Banda, Ambon-Namlea, Ambon-Sanana, masing-masing 100 tiket," kata Kepala Cabang PT Pelni Cabang Ambon Ilhamda di Ambon, Rabu.

Pembagian tiket gratis ini juga sudah sesuai dengan tanggal keberangkatan kapal dan masyarakat cukup antusias dan banyak yang sebelumnya kehabisan tiket

"Yang paling banyak itu calon penumpang dengan rute Ambon-Banda, hanya saja kita tidak bisa berbuat banyak sebab tiket gratis yang disiapkan itu hanya 100 , jadi kalau ada yang mempertanyakan  tiketnya sudah habis, mau bagaimana lagi terbatas," ujarnya.

Pelni juga melakukan  antisipasi  penumpang yang yang membeli tiket gratis yang berbayar  ke oknum tertentu,  karena sekarang ini juga ada calo.

Bagi penumpang yang ingin mendapatkan tiket gratis tersebut bisa langsung  mendaftarkan  dengan membawa KTP dan KK sesuai aturan yang berlaku, kata dia.


Ilhamda juga mengatakan,  PT Pelni juga berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas pemberian tiket gratis pada enam rute di kawasan ini.

Untuk jadwal armada  tiket gratis rute Ambon-Sorong dengan KM Dobonsolo pada  30 Maret 2024, Ambon-Sorong dengan KM Labobar pada  21 April, kemudian ada rute Ambon-Makassar 4 April 2024, Makassar-Ambon dengan KM Tidar pada  17 April 2024.

Kemudian ada juga rute Ternate-Ambon  30 Maret 2024 dengan KM Dorolonda, kemudian sebaliknya Ambon-Ternate  pada  14 April dengan menggunakan KM.Dorolonda.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024