Komando daerah militer (Kodam) XVI Pattimura melakukan Safari Ramadhan untuk mempererat silaturahmi antara jajaran pejabat dengan para prajurit yang ada di Maluku.

“Safari Ramadhan ini bukan hanya sekadar kunjungan, tetapi juga sebagai wujud kebersamaan kita dalam menjalankan ibadah dan mempererat tali silaturahmi di antara kita," ujar Pangdam Pattimura Mayjend TNI Syafrial dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Hal itu dikatakan Pangdam Syafrial saat melakukan Safari Ramadhan ke Rindam XVI/Pattimura, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Pangdam menyampaikan berpuasa di bulan suci Ramadhan bukan hanya sekadar menahan lapar dan dahaga, melainkan kesempatan emas untuk meraih banyak hikmah, termasuk kesabaran, syukur, dan peningkatan iman bagi seluruh umat Islam.

Baca juga: Kodam Pattimura-BI Maluku jalin kerja sama bangun ekonomi daerah

Pada safari Ramadhan tersebut juga diisi oleh pemuka agama Islam kenamaan asal Maluku yaitu Ustadz Arsal Tuasikal dengan tausyiah keutamaan berpuasa pada bulan suci Ramadhan.

“Ada tujuh keutamaan bulan suci Ramadhan, yaitu penuh berkah, pusa sebagai penebus dosa, doa yang mustajab oleh orang berpuasa, pemberi syafaat di hari kiamat, malam seribu bulan, balasan surga, pahala umrah di bulan Ramadhan setara haji,” kata Ustadz Arsal.

Safari Ramadhan ini dilakukan Pangdam secara bergiliran di setiap satuan yang ada di wilayah Ambon. Selain itu, Kodam juga menyelenggarakan Shalat Tarawih yang dipusatkan di kediaman Pangdam yang dilakukan bergantian setiap malam oleh tiap-tiap satuan

Turut hadir dalam Safari Ramadhan, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Muhammad Ali, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar serta beberapa Asisten Kasdam XVI/Pattimura, Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Shinta Syafrial.

Baca juga: Kodam Pattimura berikan penghargaan pada prajurit berprestasi

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024