Kodam Pattimura bersama Bank Indonesia (BI) perwakilan Maluku menjalin kerja sama untuk berkolaborasi membangun perekonomian daerah tersebut.

"Kami mengajak Bapak Pangdam beserta jajaran untuk mendukung program pengembangan ekonomi di Maluku khususnya di bidang pertanian dan perikanan," ujar Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku, Rawindra Ardiansah di Ambon, Rabu.

Menurut Rawindra perekonomian di Maluku saat ini berangsur membaik namun inflasi masih perlu ditekan dari segi perikanan dan pertanian hal Ini tentunya perlu sinergisitas dan soliditas antara BI, Pemerintah dan instansi terkait termasuk TNI.

Selain itu kata dia digitalisasi perbankan dan pembayaran menjadi suatu tugas yang juga harus dikawal bersama instansi dan pemangku kepentingan terkait.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada Pangdam beserta jajaran yang terus mendukung layanan digital dalam transaksi keuangan dan pembayaran kehidupan sehari-hari," katanya.

Menanggapi hal itu Pangdam Pattimura Mayjend TNI Syafrial menyatakan siap untuk mendukung program pembangunan ekonomi di Maluku. 

"Tentunya kami berharap, kerja sama yang terjalin selama ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan pada bidang ekonomi lainnya," kata Pangdam.

Pasalnya kata Pangdam ketahanan pangan juga merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan oleh TNI khususnya di jajarannya.

"Salah satu cara yang kami lakukan adalah dengan menggalakkan program penanaman lahan tidur menjadi lahan produktif dan pembuatan sumur bor dalam program TNI manunggal air," kata Pangdam.

Hal ini semua dilakukan kata dia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga inflasi bisa ditekan.

Apalagi berdasarkan data terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Provinsi Maluku mengalami inflasi secara tahunan sebesar 3,02 persen pada Februari 2024, yang didorong oleh kenaikan komoditas kelompok makanan.

Inflasi (tahunan) tertinggi terjadi di Kabupaten Maluku Tengah sebesar 3,26 persen dan terendah di Kota Tual sebesar 2,88 persen.

"Kami berharap kolaborasi lanjutan terus dapat dilakukan oleh Kodam Pattimura dan BI Maluku," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024