Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura menanamkan nilai dan keutamaan Al Quran kepada prajurit TNI untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah harus melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam Al Quran, untuk diimplementasikan pada setiap pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjend TNI Syafrial dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Rabu.

Hal itu dikatakan Pangdam dalam kegiatan memperingati Nuzulul Quran 1445 H/2024 M bertempat di Masjid Al Ijtihad Kota Ambon.

Menurut Pangdam peringatan Nuzulul Quran merupakan salah satu upaya untuk membina mental para prajurit, PNS beserta keluarga di lingkungan Kodam XVI/Pattimura.

"Oleh sebab itu saya mengajak untuk sama-sama memperbanyak membaca, mempelajari dan mengamalkan Al Quran sebagai bekal hidup di dunia hingga akhirat kelak," kata Pangdam.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan ceramah mengenai hikmah Nuzulul Quran oleh Ustaz Husein Aziz Arbi. Disampaikan dalam ceramahnya bahwa Al Quran merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW yang masih terjaga dan bisa dirasakan hingga saat ini oleh seluruh umat Islam.

"Salah satu keistimewaan Al Quran ialah mudah dipahami dan dihafal walaupun belum mengerti bahasanya. Hal tersebut menunjukkan betapa dahsyat dan istimewanya Al Quran ini. Oleh sebab itu saya mengajak dan mengimbau agar dapat mengambil hikmah peringatan Nuzulul Quran kali ini," kata dia.

Tak hanya itu Ustaz Husein juga mengingatkan kewajiban umat Muslim terhadap Kitab Suci Al Quran untuk mengimani, memuliakan, dianjurkan menghafalkan dan mentadaburinya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Muhammad Ali, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, Para Asisten, Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura yang beragama Muslim.

Hadir pula Ketua Persit KCK XVI/Pattimura Ny. Shinta Syafrial, Wakil Ketua Persit KCK XVI/Pattimura Ny. Nini Agung Pambudi beserta pengurus.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024